9 Konglomerat Sawit Paling Tajir di Indonesia, Ini Daftarnya

Viola Triamanda
Konglomerat sawit paling tajir di Indonesia hartanya hingga triliunan rupiah lewat bisnis minyak goreng ini. (Foto: Dok) 

KONGLOMERAT sawit paling tajir di Indonesia hartanya hingga triliunan rupiah lewat bisnis minyak goreng ini. 

Ada 9 pengusaha tajir menghimpun rupiah dan dolar dari bisnis kelapa sawit dan minyak goreng. Mereka yakni:    

1. Martua Sitorus
Martua Sitorus adalah sosok di balik gurita bisnis Wilmar dengan salah satu produknya adalah minyak goreng dengan berbagai merek.

Di Indonesia, merek minyak goreng dari Wilmar adalah Fortune dan Sania.

Diketahui, Martua Sitorus memiliki kekayaan bersih sebesar USD2,9 miliar dan menempatkannya di urutan 1.101 orang terkaya di dunia. Bersama dengan Kuok Khoon Hong, Martua Sitorus mendirikan Wilmar pada 1991.

2. Anthony Salim
Pemilik Indofood ini juga mengeluarkan minyak goreng kemasan melalui Indofood Agri Resources Ltd. Anthony Salim memproduksi minyak goreng, yakni Bimoli, Delima, dan Happy.

3. Bachtiar Karim
Bachtiar Karim adalah pemilik Grup Musim Mas yang juga memiliki perusahaan sawit terbesar di Indonesia.

Dari perusahaannya tersebut, dia memiliki total kekayaan USD3,5 miliar atau setara Rp50 triliun.

Produk minyak gorengnya antara lain Sanco, Voila, dan Amago.

4. Keluarga Widjaya
Menduduki peringkat kedua daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2021, keluarga Widjaya melalui Grup Sinar Mas juga menjadi produsen minyak goreng terbesar di Indonesia.

Adapun produk minyak goreng tersebut yang paling terkenal mempunyai nama Filma.

5. Sukanto Tanoto 
Terkenal di kalangan pebisnis komoditas pangan dan kelapa sawit Tanah Air, Sukanto Tanoto adalah pendiri Royal Golden Eagle International (RGEI). 

Perusahaan yang sudah go international itu memiliki usaha di berbagai industri termasuk minyak kelapa sawit. Perusahaan tersebut merupakan holding dari beberapa anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang mulai dari industri kertas, fiber, energi, hingga kelapa sawit. 

Anak perusahaan yang menaungi bidang kelapa sawit yakni Asian Agri dan Apical. Melalui Asian Agri and Apical, perseroan memproduksi minyak goreng dengan merek Camar. Sukanto Tanoto tercatat memiliki kekayaan mencapai USD2,3 miliar atau setara Rp32,89 triliun dan menduduki posisi ke-21 sebagai orang terkaya di Indonesia . 

6. Susilo Wonowidjojo 
Sosoknya memang dikenal sebagai pengusaha sigaret dan rokok terkenal yakni Gudang Garam. Namun siapa sangka, sumber kekayaannya juga mengalir dari kelapa sawit melalui PT Matahari Kahuripan Indonesia alias Makin Group. 

Kini Ia mengantongi kekayaan mencapai USD4,8 miliar atau setara Rp69,36 triliun. 

7. Putera Sampoerna 
Pemilik perusahaan rokok dan sigaret ternama PT HM Sampoerna Tbk juga membangun bisnis kelapa sawit melalui PT Sampoerna Agro Tbk. Perusahaan tersebut memproduksi produk kelapa sawit, benih unggul kelapa sawit, dan produk non sawit seperti dan karet. 

Kelapa sawit merupakan komoditas utama sebab produk kelapa sawit seperti CPO dan kernel sawit berkontribusi lebih dari 90% pendapatan konsolidasi perseroan. Kini kekayaan Putera Sampoerna mencapai USD1,8 miliar atau setara Rp26,46 triliun. 

8. Peter Sondakh

Selain bergerak di berbagai bidang mulai dari perhotelan, media serta pertambangan, ternyata pemilik Rajawali Corpora juga menggeluti bisnis kelapa sawit melalu Eagle High Plantations. 

Harta kekayaan Peter diperkirakan mencapai sebesar USDD2,15 miliar atau setara Rp3,75 triliun. 

9. Ciliandra Fangiono

Lewat First Resources Ltd, Ciliandra Fangiono terjun ke bisnis kelapa sawit. Perusahaan itu fokus pada bidang budidaya kelapa sawit, memanen tandan buah segar hingga menggilingnya menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan kernel sawit (PK).

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network