5 Negara Termiskin di Asia, Salah Satunya Kerap Ditakuti Dunia

Rizka Auliarahma
Korea Utara, negara yang sering ditakuti dunia masuk ke dalam negara termiskin di Asia. Foto: britannica.com

PEMALANG, iNews.idAsia merupakan benua terbesar yang menampung 60% dari total manusia yang ada di muka Bumi. Pertumbuhan di Asia terus meningkat selama abad ke-20.

Asia adalah sebuah benua yang memiki banyak wilayah dengan beragam etnis, budaya, lingkungan, hubungan sejarah, dan tak terkecuali dalam hal ekonomi. Banyak negara di Asia yang memegang kendali perekonomiam di dunia, antara lain Cina, India, Jepang, dan Korea Selatan.

Sebaliknya, di Asia juga masih terdapat negara yang memiliki ekonomi yang rendah. Bahkan negara yang sering ditakuti oleh dunia, yaitu Korea Utara termasuk dalam negara dengan pertumbuhan ekonomi yang kurang baik. Berikut adalah deretan negara termiskin di Asia berdasarkan bank dunia, PDB per kapita 2020, dengan komparasi USD63,543.60.

  1. Afghanistan

Berdasarkan bank dunia, pendapatan negara Afghanistan per tahun 2020 adalah USD 508,80. Afghanistan menjadi negara termiskin nomor 1 di Asia sebab terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi negara tersebut berjalan lambat.

Faktor tersebut antara lain konflik bersenjata yang sedang berlangsung, korupsi pemerintah, dan ketidaksetaraan pendapatan yang produktif.

  1. Korea Utara

Kerap menjadi negara yang ditakuti oleh dunia, Korea Utara ternyata termasuk dalam negara termiskin di Asia. Menurut bank dunia, pendapatan negara tersebut adalah USD 642,00 (perkiraan) pada tahun 2020.

Kemiskinan di Korea Utara sering dikaitkan dengan pemerintahan oleh rezim totaliter. Pada tahun 2020, diperkirakan bahwa sekitar 60% penduduk Korea Utara hidup dalam kemiskinan.

  1. Yaman

Negara selanjutnya yang termasuk dalam negara termiskin di Asia adalah Yaman. Berdasarkan bank dunia, pendapatan negara Yaman per tahun 2020 adalah sebesar USD 824,12.

Adapun faktor yang membuat perekonomian negara Yaman sulit untuk berkembang adalah karena adanya perang saudara, korupsi, dan salah dalam mengurus ekonomi.

  1. Tajikistan

Negara Tajikistan masuk ke dalam deretan negara termiskin di Asia sebab kurangnya infrastruktur yang menghambat perekonomian. Selain itu, pada tahun 1990-an terjadi perang saudara yang mengancurkan satu per lima sekolah yang terdapat di negara itu.

Berdasarkan bank dunia, pendapatan yang dimiliki Tajikistan per tahun 2020 adalah sebesar USD 859.13.

  1. Suriah

Suriah merupakan negara yang termasuk dalam negara termiskin di Asia. Menurut bank dunia, pendapatan Suriah per tahun 2020 adalah sebesar USD 870.

Penyebab utama kemiskinan di negara Suriah adalah perang saudara Suriah yang menyebabkan hancurnya infrastruktur perawatan kesehatan dan fasilitas pendidikan.

Terdapat beberapa parameter yang dapat mengukur kondisi ekonomi suatu negara antara lain PDB per kapita, PDB per kapita (PPP), dan GNI per kapita. Daftar 5 negara termiskin di Asia di atas adalah berdasarkan bank dunia, PDB per kapita 2020, dengan komparasi USD63,543.60.

Editor : Abdul

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network