Duh, Merasa Salah dalam Memilih Sesuatu? Begini Menurut Studi dan Lakukan Hal Ini

Early Meidiasa Prameswari
Jangan salah dalam memilih sesuatu / Sumber: GettyImages

PEMALANG, iNews.id - Seorang teman Anda baru saja membeli dengan merek yang mahal, yang dapat Anda lihat dalam sekejap adalah pemborosan uang yang besar. 

Tidak hanya terlalu mahal, tetapi juga temanmu seperti meracunimu untuk membeli baju tersebut juga. 

"Kamu harus mendapatkan salah satu dari ini!" desak temanmu. 

Meskipun Anda ingin bersikap sopan dalam tanggapan Anda, sulit bagi Anda untuk menyembunyikan rasa jijik Anda atas kesembronoan teman Anda, hal ini menyangkut dengan pilihan Anda.

Proses membuat diri Anda menjadi pilihan, baik atau buruk, disebut "persuasi diri." 

Studi yang dibuat oleh Magnus Bergquist dan Emma Ejelöv dari Universitas Gothenburg (2022), jauh lebih mudah untuk membujuk diri Anda sendiri untuk mengambil keputusan daripada membiarkan keputusan orang lain membujuk Anda. 

Dalam kata-kata mereka, "persuasi langsung memungkinkan orang untuk mendeteksi bahwa orang lain mencoba membujuk mereka sedangkan persuasi diri membuat orang berasumsi bahwa motivasi untuk mengubah perilaku berasal dari dalam individu." 

Anda mungkin tidak setuju dengan nilai orang lain (seperti pada teman Anda yang menyukai baju branded), tetapi akan sulit untuk tidak setuju dengan penilaian Anda sendiri.

Penelitian U. Gothenburg menunjukkan betapa mudahnya untuk mencintai pilihan Anda sendiri, baik atau buruk. 

Pilihan dalam eksperimen ini tidak terlalu penting karena satu kotak kismis yang tidak sehat tidak akan mengubah harapan hidup Anda. 

Namun, efek persuasi diri tampaknya sangat mudah untuk dihasilkan, terutama ketika keputusan itu konsisten dengan nilai-nilai sosial yang lebih luas. 

Kembali ke ide, Anda dapat mengambil nilai tertentu dan menjadikannya "milik Anda" dengan melalui proses pembenaran diri yang panjang. 

Jawaban atas pertanyaan tentang bagaimana menghindari konformitas pada diri sendiri mungkin merupakan jawaban yang sama dengan jawaban yang melibatkan keputusan Anda untuk tidak menyesuaikan diri dengan nilai dan pilihan orang lain. 

Bersiaplah untuk menerapkan pola pikir kritis terhadap diri sendiri dengan mengambil keputusan Anda dan memeriksanya dalam cahaya dingin dari pemikiran lebih lanjut. 

Anda bahkan mungkin membicarakannya dengan seorang teman dan kemudian bersiaplah untuk mendengarkan bukti tandingan orang lain atas alasan-alasan persuasi diri yang Anda buat sendiri.

Editor : Anila Dwi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network