get app
inews
Aa Read Next : Gerhana Matahari Total Diprediksi Terjadi 8 April 2024, Berikut Ini Negara-Negara yang Terdampak

Fenomena Langka di Tanggal 24 Juni 2022, 5 Planet Akan Terlihat Sejajar dari Bumi

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:30 WIB
header img
Fenomana langka planet sejajar akan terjadi pada besok, tanggal 24 Juni 2022. Foto: rawpixel.com

PEMALANG, iNews.id – Sebuah fenomana langka akan terjadi pada tanggal 24 Juni 2022. Fenomena tersebut dinamakan planet sejajar, dimana 5 planet akan terlihat sejajar dari Bumi. Lima planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Fenomena tersebut dapat dilihat di Indonesia menggunakan mata telanjang saat cuaca cerah. Menurut seorang peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangeran, fenomena dapat disaksikan pada sekitar waktu fajar masing – masing daerah.

Andi mengatakan bahwa fenomena planet sejajar dapat disaksikan dalam rentang waktu 75 menit sebelum matahari terbit hingga 25 menit sebelum matahari terbit.

"Sejak awal fajar astronomis atau 72 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 04.30 waktu setempat, hingga akhir fajar bahari atau 24 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 05.30 waktu setempat," jelas Andi, dikutip dari okezone.com.

Fenomena planet sejajar ini disebut fenomena langka karena terjadi setiap 18-19 tahun sekali. Meskipun begitu, para ilmuwan mengatakan bahwa fenomena ini tidak akan memberikan dampak apapun bagi kehidupan di bumi.

Editor : Abdul Kadir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut