Logo Network
Network

Dibangun Tanpa Paku, Rumah Adat Suku Baduy Ternyata Anti Gempa dan Longsor

Nungki Anastasia Putri
.
Selasa, 06 Desember 2022 | 08:24 WIB
Dibangun Tanpa Paku, Rumah Adat Suku Baduy Ternyata Anti Gempa dan Longsor
Rumah adat suku baduy yang anti gempa dan longsor

4. Anti Gempa

Rumah adat milik Suku Baduy ini dipercaya tahan terhadap guncangan gempa. Hal itu dibuktikan saat terjadi peristiwa gempa bumi di Banten pada 2 Agustus 2019. Bahkan, saat dievakuasi, rumah adat ini tidak mengalami kerusakan apapun.

"Memang kalau rumah daerah Baduy antigempa, rumah panggung biarpun gempa rosa (besar) antigempa," ujar pengamat budaya Baduy, Uday Suhada.

Bangunan yang berbentuk layaknya rumah panggung itu disebut - sebut memiliki rahasia pada meterialnya. Dinding yang terbuat dari bambu dan batu kali yang diletakkan di setiap penyangga membuat rumah ini tak menyentuh dengan tanah. Sehingga mengurangi resiko terdampak gempa bumi.

“Banyak rongga di rumah, jadi kalau terjadi gempa, rumah akan mengikuti goyangan dari gempa. Tapi enggak ada yang roboh,” ujar Jamal salah satu warga Suku Baduy.

5. Anti Longsor

Jika sebelumnya rumah adat ini dipercaya anti gempa, maka fakta berikutnya yaitu rumah adat Suku Baduy dinilai tahan terhadap longsor. Hal ini dikarenakan Rumah Adat Suku Baduy dibangun dengan mengikuti kontur tanah tempat didirikannya bangunan.

Follow Berita iNews Pemalang di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini