get app
inews
Aa Read Next : Detik-detik Bus Agra Mas Terbakar di Exit Tol Adiwerna, Api Berkobar Besar Hanguskan Bodi Bus

Yuk Intip! Ini Dia Pesona Pantai Pulau Kodok di Tegal Kota Bahari

Kamis, 15 Desember 2022 | 11:54 WIB
header img
Pesona keindahan Pantai Pulau Kodok / Foto : Nungki Anastasia Putri

TEGAL, iNewsPemalang.id - Pesona Kota Tegal dilengkapi oleh sejumlah pantai yang terbentang di berbagai wilayah. Itulah mengapa Kota Tegal kerap dijuluki sebagai Kota Bahari.

Selain dua pantai andalan wisatawan seperti Pantai Alam Indah dan Pantai Purwahanba Indah, terdapat sebuah pantai yang kini kerap menjadi destinasi pilihan masyarakat yakni Pantai Pulau Kodok.

Konon, nama Pulau Kodok konon berasal dari kebiasaan para pemancing tambak di sekitar lokasi pantai yang sering berpindah-pindah dengan cara melompat, seperti lompatan katak.

Sedangkan sumber lain menyebutkan bahwa nama Pulau Kodok diberikan karena banyaknya hewan katak di sekitar lokasi pantai pada masa lalu.

Pantai ini sendiri terletak di kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Jawa Tengah. Lokasinya yang jauh dari pusat kota membuat pantai ini tehindar dari kebisingan dan hiruk pikuk kendaraan.

Untuk masuk ke dalam Pantai Pulau Kodok, kamu akan dikenai tarif senilai Rp4000 per orang. Tarif tersebut terbilang cukup terjangkau karena sudah termasuk tiket masuk dan biaya parkir.

Saat memasuki wilayah pantai, kamu akan disuguhkan dengan banyaknya penangkaran udang yang dikelola oleh KUBE atau Kelompok usaha Bersama di Pantai Kodok kota Tegal. Udang yang dikembangbiakkan merupakan jenis Udang Vannamei khas Kota Tegal.

Penangkaran ini merupakan salah satu objek menarik untuk para wisatawan, terutama bagi anak - anak yang membutuhkan edukasi.

Selain itu, kamu juga akan disambut oleh patung kodok berwarna hijau yang berukuran cukup besar. Hemparan pantai yang luas dan desir angin yang sejuk akan membuatmu betah untuk berlama - lama disini.

Meskipun terdapat sejumlah pedagang di pesisir pantai, tak lantas membuat pantai ini tercemar. Justru, pantai ini merupakan pantai yang bersih dibanding dua pantai lainnya.

Wisatawan kerap menikmati mandi air, memancing, hingga bersantai di pinggiran pantai sambil memakan mendoan dan meminum es. Harga setiap kuliner pun dibanderol mulai dari Rp. 5000an saja.

Tak berhenti sampai disitu, Pantai Pulau Kodok juga memiliki hutan mangrove yang kerap dikunjungi oleh para mahasiswa sebagai bahan penelitian.

Pantai ini terbilang masih asri dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Untuk berkunjung kesini kamu tak perlu khawatir, karena akan diarahkan oleh pihak pengelola.

Editor : Sandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut