Ini Dia! Deretan Kampung Unik yang Masih Menjaga Tradisi, Nomor 3 Paling Ditakuti di Dunia

Nungki Anastasia Putri
Deretan kampung unik yang masih menjaga tradisi / Foto : Wonderful Indonesia

Suku Toraja masih menjalankan tradisi yang diwariskan secara turun temurun tersebut. Menurutnya, menguburkan mayat di tanah dapat mengotori elemen tempat bertumbuhnya makanan.

Karena itulah mereka menguburkan keluarga yang telah meninggal di lorong gua pada tebing bukit batu. Aktivitas tersebut merujuk pada suatu kepercayaan Suku Toraja yang disebut Alu Todolo.

Selain itu, tempat tinggal Suku Toraja juga memiliki ciri khas yang unik dengan meletakkan kepala kerbau di depan pintu utama. Simbol tersebut mengandung arti kemakmuran dan kesejahteraan penghuninya.

Sebagai informasi, bangunan rumah di Desa Adat Kete Kesu biasa disebut dengan 'Tongkonan'. Bangunan tersebut dibuat menghadap ke utara, karena masyarakat Suku Toraya mempunyai kepercayaan bahwa para leluhurnya berasal dari utara.

5. Trunyan, Bali

Tak kalah unik dari beberapa kampung adat diatas, Desa Trunyan juga masih mempertahankan sebuah tradisi yang sudah diwariskan secara turun temurun. Desa ini terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, provinsi Bali.

Editor : Sandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network