Miris, Gedung Sekolah Dasar Negeri Ambruk karena Lapuk Dimakan Usia

Sukmawijaya, Aryanto
Atap gedung sekolah dasar negeri (SDN) Mranggen 4 mendadak ambruk karena lapuk dimakan usia. (Foto: iNews.id/ Sukmawijaya)

DEMAK, iNewsPemalang.id - Sebuah gedung sekolah dasar negeri (SDN) Mranggen 4 di Jalan Jati Kusuman, Kabupaten Demak, Jawa Tengah tiba-tiba ambruk. Peristiwa miris itu terjadi pada Jumat (5/7/2024) petang.

Diduga, ambruknya bangunan sekolah dasar milik pemerintah itu disebabkan penyangga atap bangunan telah lapuk dimakan usia. Bangunan yang ambruk, merupakan salah satu ruangan kelas.

Saat kejadian gedung sekolah ambruk, warga di sekitar sempat mendengar suara gemuruh yang keras hingga spontan mengejutkan membuat warga berlarian ke lokasi asal suara.

Sementara, Kepala SDN Mranggen 4, Sumarno, saat di lokasi kejadian pada Sabtu (6/7/2024), mengatakan bahwa atap gedung sekolah ambruk karena kayunya telah lapuk.

"Kayunya lapuk karena bangunan ini cukup lama," kata Sumarno.

Menurut Sumarno, ruang kelas yang ambruk tersebut merupakan bangunan lama bekas inpres yang dibangun sekitar 1978.

Dia mengatakan, pada 2023, sudah direnovasi dengan mengganti beberapa kayu rangka atap yang dinilai lapuk dan genting.

"Jadi perbaikannya tambal sulam gitu," imbuhnya.

Sumarno menyebut, sekolah telah mengajukan bantuan renovasi untuk dua ruang kelas karena kondisinya sangat memprihatinkan. Paska kejadian ini, menurutnya sekolah akan membagi jam pelajaran.

Dia menjelaskan, meskipun satu ruangan yang runtuh karena rusak berat, hal itu berdampak di dua ruangan kelas 4 A dan 4 B, dan sementara tidak dapat digunakan untuk aktivitas belajar.

Editor : Aryanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network