Membludak! Ribuan Warga Berdesakan Saksikan Pagelaran Wayang Kulit Ruwatan Desa Wanarata

Aryanto

PEMALANG, iNewsPemalang.id Ruwatan atau sedekah bumi Desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang berlangsung meriah. Ribuan warga berbondong datang membanjiri halaman hingga jalan kawasan Balai Desa, berdesakan menyaksikan pagelaran Wayang Kulit, Jumat (19/7/2024).

Pertunjukan Wayang Kulit berjudul “Wahyu Purba Sejati” digelar semalam penuh, dengan Dalang Ki Gandhik Wayah Soegino dari Banyumas. 

Nampak hadir dalam gelaran Wayang Kulit bertajuk Ruwat Bumi tersebut, di antaranya Camat Bantarbolang, Kapolsek Bantarbolang, Danramil Bantarbolang dan beberapa anggota Dewan Kabupaten Pemalang.

Ketua Panitia Ruwat Bumi, Hartoyo S.Pd.I., mengatakan acara Ruwatan di Desa Wanarata digelar setiap tahun. Namun untuk pagelaran Wayang Kulit diadakan dua tahun sekali. 

Lakon Wahyu Purba Sejati sendiri menurutnya adalah gambaran kehidupan manusia, bahwasanya setiap diri seseorang adalah pemimpin yang mendapat petunjuk dari yang Maha Kuasa. Baik itu pemimpin bagi dirinya sendiri, keluarganya, atau jika menjadi pemimpin bagi masyarakatnya.

"Tentunya harus mampu bersikap arif, adil dan bijaksana, sesuai dengan aturan yang telah ditunjukan oleh Tuhan," ujarnya.

Editor : Aryanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network