get app
inews
Aa Read Next : Intip Kabar Terbaru 5 Mantan Menteri yang Pernah 'Dipecat' Jokowi

Presiden Joko Widodo Tinjau Bendungan Sindangheula

Jum'at, 17 Juni 2022 | 13:35 WIB
header img
Presiden Joko Widodo tinjau Bendungan Sindangheula bersama menteru PUPR Basuki Hadimuljono (Sumber foto: BPMI Setpres/Laily Rachev).

PEMALANG, iNews.idPresiden Joko Widodo bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, kunjungi Bendungan Sindangheula pada Jumat (17/6/2022).

Bendungan Sindangheula ini telah diresmikan pada 4 Maret 2021 lalu. Dengan total anggaran Rp451 miliar, bendungan ini memiliki kapasitas tampung sebesar 9,30 juta meter kubik. 

Kemudian, dalam kunjungan tersebut, Presiden Joko Widodo berdiskusi mengenai manfaat bendungan di Indonesia. Menurut Basuki, hadirnya bendungan di seluruh Indonesia berpotensi untuk meingkatkan indeks pertanaman. 

“(Kehadiran bendungan) meningkatkan indeks pertanaman yang sekarang ini rata-rata nasional BPS, Pak, 147 persen, dengan 231 bendungan. Jadi dengan tambahan 61 bendungan bisa kita menjadi 200 persen,” ujar Basuki dalam rilis yang diunggah setkab.go.id pada Jumat (17/6/2022) siang.

Sementara itu, bendungan di Kabupaten Serang ini memiliki manfaat pengairan irigasi 1.289 hektare sawah. Kemudian, lanjut Presiden Joko Widodo, ia juga berharap hal ini dapat memacu produktivitas pertanian di sekitar. 

“Kita harapkan bendungan ini memberikan nilai tambah yang besar bagi para petani di Banten dalam menjamin ketersediaan air yang cukup sehingga makin produktif dan bisa menjaga ketahanan pangan,” pungkas Presiden Joko Widodo. 

 

Editor : Abdul Kadir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut