get app
inews
Aa Read Next : Potret Ojek Perahu di Kali Elon Pemalang

Diskominfo Pemalang Gelar Bintek, Ajak Seluruh OPD Sediakan Data Statistik Sektoral

Rabu, 29 Juni 2022 | 01:08 WIB
header img
Diskominfo Pemalang gelar Bimbingan Teknis (Bintek) pengelolaan data statistik. Selasa (28/6/2022). Foto: iNews ID/ Aryanto/ Dok.

PEMALANG, iNews.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pemalang mengajak kepada produsen data untuk membantu dalam penyediaan data khususnya data statistik sektoral yang ada dimasing-masing OPD

Hal tersebut disampaikan Kepala Diskominfo Pemalang Yanuar Nitbani saat membuka Bimbingan Teknis (Bintek) pengelolaan data statistik sektoral tahun 2022 di salah satu Hotel di Pemalang. Selasa (28/62022).

Yanuar mengatakan, guna membangun pusat data yang masih dalam tahap proses pembuatan portal data oleh Diskominfo dan Bappeda Kabupaten Pemalang perlu adanya dukungan data dari tiap-tiap OPD.

“Kelembagaan pengelola data dapat kita optimalkan sebagai sarana berbagi pakai data sehingga memudahkan dalam pencermatan data dan informasi yang pada akhirnya mendukung penyusunan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Postel Diskominfo Pemalang, Rina Purwokanti menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman serta wawasan kepada pengelola data yang menangani data statistik sektoral.

Karenanya,  pihaknya berharap melalui kegiatan ini menghasilkan komitmen bersama dalam implementasi kegiatan statistik sektoral, dan meningkatkan pemahaman statistik sektoral terkait perkembangan data statistik.

“Untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi khususnya statistik sektoral di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang,” jelas Rina.

Kegiatan yang diikuti oleh 50 peserta dari unsur Badan, Dinas dan Kantor Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang mendatangkan narasumber dari BPS Pemalang, Mimik Nurjanti, S.Si., M.Si., dengan materi Pengelolaan data sektoral.

Kemudian dari Diskominfo Provinsi Jateng, dengan materi mewujudkan perbaikan tata kelola data di Jateng oleh Bagus Pradoyo, SH, M.Si., dan materi Penyelenggaraan geospasial di Jateng oleh Drs. Kartika Hadi.

Sedangkan materi Peran Bappeda dalam penyelenggaraan data untuk pembangunan daerah dibawakan oleh Kepala Bappeda Pemalang, Sujarwo, S.E., M.M.

Sumber: Diskominfo Pemalang

Editor : Abdul Kadir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut