get app
inews
Aa Read Next : Menyusuri Jejak Kyai Slamet, Kebo Bule yang Identik dengan Kirab Malam 1 Sura

Sinuwun Pakubuwana XIII Ulang Tahun, Keraton Kasunanan Jalin Kerjasama dengan ISI Solo

Rabu, 29 Juni 2022 | 08:33 WIB
header img
Perayaan ulang tahun PB XIII bersama permaisuri dan istri/ DOKUMEN PRIBADI. ARIMBIHP

PEMALANG, iNews.id - Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Pakubuwono (PB) XIII Hangabehi atau Raja Solo merayakan ulangtahunnya ke 74.

Acara yang sakral dan mengharukan itu diselenggarakan di  Sasana Handrawina Keraton Solo, Jawa Tengah, Selasa (28/6/2022) pukul 18.00 WIB.

Peringatan ulang tahun diawali dengan prosesi Raja Keraton Solo beserta permaisuri dan putra-putri dalem masuk ke Sasana Handrawina dengan diiringi gending ladrang srikaton, pelog barang.

Kemudian, dilanjutkan pembacaan doa keselamatan. Setelah itu Raja Keraton Solo PB XIII Hangabehi meniup lilin dan memotong kue disaksikan para tamu undangan yang hadir.

Uniknya, dalam perayaan ulang tahun ini, Keraton Solo juga menandatangani MoU kerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo terkait bidang pendidikan dan kebudayaan.

Rektor ISI Surakarta I Nyoman Sukerna menyatakan, kerja sama dengan Keraton Kasunanan penting dilakukan mengingat istana tersebut resmi yang didirikan sejak 1744 pada zaman PB II. 

“Walaupun secara resmi telah menjadi bagian dari Republik Indonesia, kompleks bangunan karaton masih berfungsi sebagai tempat tinggal Susuhunan atau Sunan. Rumah tangga istana masih menjalankan tradisi Kasunanan hingga saat ini,” kata I Nyoman saat ditemui iNews, Selasa (28/6/2022).

Lebih dari itu, menurut I Nyoman, Keraton Surakarta juga memiliki warisan budaya tak ternilai melalui upacara adat, tarian sakral, gamelan, dan pusaka yang terawat hingga saat ini. 

“Kami akan menjadi partnership Keraton Kasunanan Surakarta dalam melestarikan seni budaya dan adat-istiadat Jawa," imbuhnya.

Sementara itu, di bidang pendidikan, Keraton Kasunanan juga menjalin kerja sama ihwal program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan bidang penelitian.

MoU kerjasama tersebut ditandatangani Wakil rektor I ISI Surakarta dengan Putra Mahkota Kasunan Gusti Purbaya. 

Terkait kerjasama tersebut, Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Dipokusumo berharap, adanya MoU bertepatan dengan peringatan ulang tahun PB XIII membuat Keraton Solo lebih terbuka dalam semua hal. 

"Menjadi momentum terutama dalam pengembangan kebudayaan," ujarnya.

 

Editor : Anila Dwi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut