get app
inews
Aa Read Next : Serangan Drone Ukraina Bombardir 6 Wilayah Rusia

Persentase Agama yang Ada di Negara Rusia, Adakah Pemeluk Islam?

Rabu, 13 Juli 2022 | 16:30 WIB
header img
Persentase agama yang ada di negara Rusia, ada pemeluk Islam. foto: rawpixel.com

PEMALANG, iNews.idRusia merupakan salah satu negara di benua Eropa yang memiliki wilayah yang luas. Rusia bahkan menyandang status sebagai negara terbesar di dunia dengan total luas wilayah 17.125.200 kilometer persegi.

Negara yang saat ini dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin memiliki jumlah total penduduk sebanyak 144 juta di tahun 2020. Memiliki penduduk yang banyak, warga negara Rusia memiliki keyakinan Agama yang cukup bermacam – macam.

Meskipun mayoritas agama yang dianut oleh warga negara Russia adalah Kristen Ortodoks, ternyata terdapat beberapa agama lain yang ada di negara ini termasuk agama Islam. Berikut merupakan persentase agama yang ada di negara Rusia berdasarkan data survei Levada Center April 2022

  1. Kristen Ortodoks

Mayoritas agama warga negara Rusia adalah Kristen Ortodoks. Tercatat sekitar 71% responden mengaku bahwa dirinya memeluk agama Kristen Ortodoks.

  1. Islam

Islam menjadi agama dengan peresentase terbanyak kedua setelah Kristen Ortodoks berdasarkan data survei Levada Center April 2022. Tercatat sekitar 5% dari responden warga Rusia menganut agama Islam.  

  1. Agama lain

Warga negara Rusia juga diketahui menganut beberapa agama lain. Terdapat sekitar 3% dari responden warga negara Rusia yang menganut agama lain terutama agama Katolik, Protestan, dan Budha.

  1. Ateis

Ateis merupakan pandangan seseorang yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan. Tercatat sekitar 4% dari responden di negara Rusia yang mengaku bahwa dirinya ateis.

  1. Tidak memilih agama manapun

Kategori ini merupakan kelompok yang percaya adanya Tuhan namun tidak memilih untuk memeluk agama manapun. Responden warga negara Rusia yang mengaku tidak menganut agama manapun ini mencapai 15%.

Itulah sejumlah agama yang ada di negara Rusia dengan persentasenya.

Editor : Abdul Kadir

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut