get app
inews
Aa Read Next : Resep Ayam Goreng Krispi Hasil Kreasi Chef Rudy Choirudin, Keriting dan Crunchy!!

Resep Martabak Teflon Anti Gagal dan Berongga

Jum'at, 15 Juli 2022 | 11:15 WIB
header img
Martabak Teflon/Dok.iNews.id

PEMALANG, iNews.id - 

Martabak manis menjadi kuliner yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Ada yang menikmatinya sebagai camilan, suguhan untuk acara keluarga, atau sebagai bingkisan untuk dibawa ke rumah calon mertua.

Martabak memiliki beberapa sebutan berbeda di masing-masing daerah. Ada yang menyebutnya dengan kue terang bulan, kue Bandung, apam balik, apam pinang, Hok Lo Pan, dan Kuih Malaya.

Satu hal unik lain mengenai martabak, yaitu biasanya dijual hanya saat menjelang sore hingga malam hari. Hal ini disebabkan adonan martabak hanya dapat bertahan selama satu hari. Jika lewat sehari, adonan sudah tidak bisa digunakan lagi karena akan terasa asam dan keras.

Itulah mengapa penjual martabak biasanya akan menjual hingga adonan habis. Kalaupun adonan tidak habis terjual, mau tidak mau penjual harus membuang adonannya.

Nah, kalau kamu ingin menikmati lezatnya kuliner yang satu ini tapi masih pagi, siang, atau sore yang otomatis penjualnya belum buka, kamu coba buat aja sendiri di rumah.

Berikut ini, ada resep martabak teflon oreo ala Tasyi Athasyia yang ia bagikan di channel YouTube miliknya dan pastinya gampang banget untuk kamu buat di rumah.

Bahan:

  • Oreo 1 pack
  • Santan cair 100 ml
  • Air 140 ml
  • Terigu 50 gram
  • 1 Telur
  • 1 sdm mentega
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt vanilla
  • garam secukupnya

Topping:

  • Keju
  • Kental manis
  • Atau sesuai selera

Cara membuat:

  1. Masukkan 1 pack oreo, 1 butir telur, 100 ml santan cair, 100 ml air, 1 sdt baking soda, sejumput garam, 1 sdt vanilla, dan 1 sendok makan gula pasir ke dalam blender kemudian haluskan. Pastikan tidak ada yang menggumpal.
  2. Tuang adonan yang sudah dihaluskan ke dalam wadah kemudian tambahkan 50 gram terigu, lalu aduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada terigu yang menggumpal.
  3. Tambahkan sisa 40 ml air, lalu aduk kembali hingga rata.
  4. Kemudian, tutup adonan menggunakan serbet dan diamkan selama 15-20 menit.
  5. Lalu, tambahkan 1 sdm mentega yang sudah dicairkan, dan aduk hingga rata.
  6. Tuang adonan secukupnya di atas teflon dan masak dengan api kecil.
  7. Masak adonan martabak hingga tampak bersarang, kemudian saat setengah matang taburkan gula di atasnya.
  8. Saat martabak sudah mulai matang, tutup teflon dengan diberi kain atau serbet terlebih dahulu agar  tetesan air dari uap panci tidak jatuh ke atas martabak sehingga dapat membuat martabak susah matang.
  9. Setelah itu, angkat martabak dan oleskan mentega selagi hangat dan berikan topping sesuai selera. Kamu bisa memilih kental manis dan keju parut sebagai topping. Setelah itu lipat, potong, dan sajikan.

Saat memasaknya di atas teflon, Tasyi memberikan tips yaitu dengan menggunakan seng diatas api sebagai alas, sehingga teflon tidak langsung terkena api. Tips ini merupakan cara agar adonan martabak yang dimasak tidak cepat gosong.

Nah, mudah banget kan? Yuk, langsung coba buat martabak oreo teflon kamu sendiri di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga!

Editor : Anila Dwi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut