Logo Network
Network

Anti Mainstream! Pemuda di Lumajang Raup Jutaan Rupiah dari Hasil Budidaya Ular Piton Bola

Rizka Auliarahma
.
Rabu, 27 Juli 2022 | 17:00 WIB
Anti Mainstream! Pemuda di Lumajang Raup Jutaan Rupiah dari Hasil Budidaya Ular Piton Bola
Pemuda asal Lumajang raup jutaan rupiah dari budidaya hewan anti mainstream yaitu ular piton bola. Foto: iNews/ Yayan Nughroho

PEMALANG, iNews.id – Seorang pemuda asal Lumajang melakukan budidaya hewan yang anti mainstream, yaitu ular piton bola. Dari hasil budidaya ular piton bola, pemuda yang bernama Anang Hasan Holidi berhasil meraup keuntungan hingga jutaan rupiah.

Ular piton bola atau ball phyton merupakan jenis ular yang memiliki warna yang cantik serta corak yang indah. Disebut sebagai ular piton bola sebab hewan ini akan melingkar seperti bola ketika dalam kondisi merasa terancam.

Ular piton bola atau sanca bola merupakan jenis ular yang tidak berbisa. Selain itu, ular jenis ini juga memiliki karakter yang cenderung tenang dan tidak agresif sehingga aman untuk dipegang maupun dibudidaya.

Harga ular hasil budidaya Anang bervariasi, bergantung pada jenis kelamin dan genetiknya. “Kalau dari harga ular tergantung genetiknya ya. Kalau dari albino itu harga untuk betinanya Rp 3 - 3,5 juta. Kalau untuk jantannya sekitar Rp 2,5 juta” ungkap Anang.

Budidaya dan perawatan ular piton bola cukup mudah antara lain membersihkan kandang setiap tiga hari sekali dan memberi pakan berupa tikus putih sekali dalam seminggu.

Ular ball phyton ini dapat dikawinkan pada saat usia 6 bulan. Dalam sekali bertelur, ular ini dapat mengeluarkan 4 hingga 6 telur dengan tingkat keberhasilan menetas 90%. Pada saat ini, Anang sudah memiliki sebanyak 7 pasang indukan ular piton bola.

Editor : Abdul Kadir

Follow Berita iNews Pemalang di Google News

Bagikan Artikel Ini