get app
inews
Aa Read Next : Keji! Anggota Paspamres Diduga Perkosa Perwira Muda Kostrad di KTT G20 Bali

Megah! Tol Laut Bali Mandara Dibangun Hanya Dalam Waktu 14 Bulan Era Presiden SBY

Kamis, 10 November 2022 | 10:10 WIB
header img
Tol Bali Mandara tol pertama di Indonesia yang berdiri diatas air / Foto : PU

Bali, iNewsPemalang.id - Tak banyak yang tahu, kalau Indonesia telah memiliki tol di atas air atau tol laut sejak tahun 2013 lalu. Namanya Tol Bali Mandara, di Propinsi Bali. 

Tol laut Bali Mandara merupakan urutan ke lima tol di atas air  terpanjang di dunia. 

Memiliki panjang 12,7 kilometer, tol laut ini dibangun pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono jelang KTT APEC di Bali, hanya dalam waktu 14 bulan.

Jalan Tol Bali Mandara menghubungkan antara Kota Denpasar/Pelabuhan Benoa, Bandara Internasional Ngurah Rai, dan Nusa Dua Bali. Jalan tol ini melintasi Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

Tak seperti jalan tol lainnya, tol laut Bali Mandara memperbolehkan kendaraan roda dua (motor) untuk melintas. Namun kecepatan angin yang tinggi terkadang jadi hambatan bagi pengendara roda dua.

Jelang KTT G20 di Bali G20 pada 15-17 November 2022, tol laut ini bakal jadi primadona yang akan dilintasi oleh para pemimpin dunia maupun para tamu VVIP.

Mereka tak hanya disuguhkan keindahan Pulau Dewata dari segi wisatanya, namun tol laut Bali Mandara akan jadi simbol kemajuan pembangunan infastrukur di Indonesia.

Editor : Sandi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut