get app
inews
Aa Read Next : Berikut Objek Wisata di Kawasan Gunung Slamet yang Menarik untuk Dikunjungi

Gawat! Status Gunung Semeru Meningkat dari Siaga ke 'Awas'

Minggu, 04 Desember 2022 | 17:32 WIB
header img
Erupsi Gunung Semeru dari status Siaga ke Awas / Foto : Instagram

Jawa Timur, iNews.id - Salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa yaitu Gunung Semeru dikabarkan kembali mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022). Diketahui, gunung tersebut telah memuntahkan awan panas sejak pukul 02.46 WIB hingga pukul 07.42 WIB.

"Terjadi erupsi G. Semeru pada hari Minggu, 4 Desember 2022, pukul 02.46 WIB dengan tingg kolom abu teramati ± 1500 m di atas puncak (± 5176 m di atas permukaan laut)," dilansir dari laman resmi MAGMA Indonesia Kementerian ESDM, Minggu (4/12/2022).

Menurut Kementerian ESDM, Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), sumber awan panas guguran itu berasal dari tumpukan di ujung lidah lava yang berada sekitar 800 meter dari puncak atau Kawah Jonggring Seloko.

Aktivitas erupsi gunung itu pun diperlihatkan lewat rekaman seismograf dengan aplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik. Untuk itu, PVMBG mengumumkan bahwa erupsi Gunung Semeru kini berada di status 'Awas' yang sebelumnya sempat berada di status 'siaga'. Kenaikan itu pun terhitung sejak siang hari ini.

“Kami sudah berada di pos pantau. APG saat ini masih berlangsung dengan jarak antara 5 sampai 7 kilometer. Pos pantau kita jaraknya kurang lebih 12 kilometer dari puncak,” jelas Joko Sambang, Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Lumajang.

Editor : Sandi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut