get app
inews
Aa Read Next : Fakta Unik di Pemalang yang Jarang Orang Tahu, Ada Ojek Perahu Penyeberangan di Kali Elon

6 Sungai Terkotor di Dunia, Nomor 4 Ada di Indonesia, Hasilkan Sampah 20.462 Ton Per Hari!

Selasa, 06 Desember 2022 | 14:45 WIB
header img
Sungai terkotor di dunia, salah satunya ada di Indonesia

Pemalang, iNews.id - Sungai merupakan salah satu tempat mengalirnya air yang berbentuk memanjang dari hulu ke hilir. Sungai memiliki lintasan gravitasi dari tempat tinggi menuju tempat yang lebih rendah.

Selain itu, sungai juga memiliki peran penting dalam menopang kehidupan manusia. Hal itu tentu tak lepas dari kebutuhan manusia akan ketersediaan air bersih.

Namun nyatanya, tak semua sungai dapat dirawat dengan baik. Beberapa sungai berikut justru masuk dalam kategori sungai terkotor di dunia.

Menurut Gubernur DKI Jakarta sendiri yaitu Anies Baswedan, kategori sungai terkotor dapat dilihat dari kandungan air maupun limbah yang terdapat dalam sungai tersebut. Sehingga tak heran jika banyak sungai yang terlihat bersih namun justru masuk dalam kategori sungai terkotor.

Nah, ini dia beberapa sungai yang masuk dalam kategori sungai terkotor di dunia, diantaranya :

1. Sungai Gangga, India

Para ilmuwan sepakat bahwa Sungai Gangga merupakan sungai terkotor di dunia yang menempati urutan pertama. Sungai ini telah mengalami pecemaran yang cukup parah karena terdapat berbagai kandungan limbah kimia di dalamnya.

Sayangnya, penganut Hindu di India mempunyai kepercayan bahwa Sungai Gangga merupakan sungai suci yang disembah sebagai dewi karena mengandung amrit atau nektar keabadian. Sehinga mereka kerap kali berendam di sungai tersebut bahkan menggunakan airnya untuk kebutuhan konsumsi.

Padahal menurut Indian Council of Medical Research (ICMR), masyarakat yang mengonsumsi air dari Sungai Gangga tersebut sangat berkemungkinan terkena penyakit kanker.

2. Sungai Yellow, China

Berikutnya yaitu Sungai Yellow yang berada di China. Julukan 'Yellow' atau 'Kuning' sendiri menggambarkan kondisi sungai tersebut. Hal itu dikarenakan banyaknya kandungan sedimen membuat sungai sepanjang 5.464 KM  itu bewarna kuning pekat.

Selain itu, sungai ini juga disebutkan sebagai tempat penampungan sampah masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan lebih dari 4 juta ton sampah yang dibuang ke dalam sungai, lalu bermuara di Laut Bohai.

3. Sungai Matanza, Argentina

Sungai Matanza merupakan salah satu sungai terkotor yang berada di Argentina. Sungai ini dihuni oleh sekitar 7 juta orang. Masyarakat ramai membangun rumah di pinggiran sungai tersebut sehingga seringkali membuang sampah rumah tangga  mereka ke dalam aliran air sungai.

Karena itulah Sungai Matanza kemudian tercemar dan nampak sangat kotor. Sejumlah limbah logam berat hingga bahan kimia beracun pun terkandung di dalamnya. Untuk itu, Sungai Matanza kemudian dimasukkan dalam jajaran sungai terkotor di dunia.

4. Sungai Citarum, Indonesia

Nama Citarum sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Nama ini merujuk pada salah satu sungai terpanjang di Jawa Barat.

Sungai ini mempunyai panjang 321 KM dan berfungsi sebagai salah satu irigasi dari ribuan hektar lahan agrikultur. Namun nyatanya, sungai ini merupakan salah satu sungai terkotor di dunia yang menyumbang 20.462 ton sampah rumah tangga per harinya.

Bukan hanya itu, sebanyak 1.900 industri di sekitar Sungai Citarum pun kerap kali membuang limbah mereka ke dalam sungai. Hal itu menyebabkan Sungai Citarum amat tercemar dan memiliki kandungan air yang berbahaya bagi kesehatan.

5. Sungai Pasig, Filiphina

Sungai ini terletak di Negara Filiphina yang ikut serta memasuki jajaran sungai terkotor di dunia. Menurut CNN Filipina dari Ocean Cleanup, sungai ini mampu menampung 62.591 ton sampah plastik setiap tahunnya yang kemudian mengalir lepas ke lautan.

Bukan hanya itu, sederet pabrik yang berada di sekitar Sungai Pasig pun kerap kali membuang limbah mereka ke dalam sungai. Hal itu dikonfirmasi oleh penelitian yang diterbitkan American Association for The Advancement of Science (AAAS).

6. Sungai Marilao, Filiphina

Salah satu sungai di Filiphina yang masuk kembali dalam jajaran sungai terkotor di dunia yakni Sungai Marilao. Air sungai ini mengandung berbagai racun kimia dan juga logam yang sangat berbahaya.

Pembuangan sampah secara besar - besaran akhirnya membuat sungai ini terinfeksi dan sangat berbahaya jika dikonsumsi.

Nah, itu dia 6 sungai di dunia yang memiliki tingkat pencemaran tinggi sekaligus menyandang status sebagai sungai terkotor di dunia. Tentu saja predikat tersebut tak lepas dari campur tangan manusia. Untuk itu, mulailah jaga kebersihan alam dengan tidak membuang sampah sembarangan ya!

Editor : Sandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut