Logo Network
Network

Mistis! Kemunculan Sabdo Palon Pada Erupsi Semeru, Ramalan Jayabaya Haruskah Diwaspadai?

Nungki Anastasia Putri
.
Sabtu, 10 Desember 2022 | 15:45 WIB
Mistis! Kemunculan Sabdo Palon Pada Erupsi Semeru, Ramalan Jayabaya Haruskah Diwaspadai?
Kemunculan hal aneh pada erupsi Gunung Semeru / Foto : Instagram

Lumajang, iNewsPemalang.id - Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Minggu (4/12/2022) masih menyisakan tanda tanya. Masyarakat kerap kali mengaitkan insiden tersebut dengan sebuah ramalan legendaris yang dikenal sebagai 'Ramalan Jayabaya'.

Anehnya, insiden kali ini memiliki tanggal yang sama persis dengan erupsi Gunung Semeru tahun lalu, yakni 4 Desember 2021.

Pada Kitab Musasar, Jayabaya menyebut bahwa kelak akan muncul sosok penguasa Pulau Jawa bernama Sabdo Palon yang akan menagih janji. Ia mengatakan bahwa kemunculan Sabdo Palon tersebut akan disertai kekacauan dan berbagai macam bencana alam.

Terkait dengan janji tersebut, Sabdo Palon telah bersumpah bahwa akan kembali untuk menghancurkan Pulau Jawa setelah 500 tahun Majapahit runtuh. Peristiwa tersebut juga diiringi dengan berbagai fenomena aneh pasca erupsi gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

Beberapa peristiwa aneh tersebut diantaranya :

1. Munculnya Ikan Mas Raksasa

Seorang warga menemukan seekor ikan mas raksasa di Kampung Renteng, Lumajang, Jawa Timur. Ikan tersebut dikabarkan masih hidup meskipun wilayahnya sudah tertutup oleh abu vulkanik.

Diketahui, ikan mas tersebut dipercaya sebagai salah satu titisan dewa dewi yang menjaga sebuah danau di Semeru bernama Ranu Kumbolo.

2. Bunga Mawar Merah Merona

Di tengah sapuan awan dan abu vulkanik, Gubernur Jawa Timur Khofifah menemukan sebuah mawar berwarna merah merona yang mekar indah nan cantik. Momen tersebut dibagikannya lewat unggahan instagram miliknya. Kemunculan mawar merah ini diartikan sebagai salah satu simbol kebangkitan hidup. 

Follow Berita iNews Pemalang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini