get app
inews
Aa Read Next : BREAKING NEWS! Gempa Bumi Magnitudo 6,5 Guncang Garut, Getaran Terasa hingga Pemalang Jawa Tengah

Mengerikan! Gempa 6,9 SR Guncang Maroko, Lebih dari 300 Orang Tewas

Minggu, 10 September 2023 | 05:25 WIB
header img
Gempa bumi berkekuatan 6,9 skala Richter (SR) mengguncang Maroko pada Jumat malam (8/9/2023). Foto/REUTERS/Abdelhak Balhaki

RABAT, iNewsPemalang.id - Gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter (SR) mengguncang Maroko pada Jumat malam (8/9/2023). Ribuan orang panik lari berhamburan keluar rumah. Banyak bangunan runtuh dan korban luka, bahkan dilaporkan banyak korban jiwa.

Melansir Kementerian Dalam Negeri Maroko, pernyataan yang dikeluarkan militer negara tersebut menyebutkan jumlah korban tewas terbaru adalah 296 orang. Jumlah tersebut mencakup provinsi Al Haouz, Marrakesh, dan Ouarzazate yang terkena dampak. Sebanyak 153 orang lainnya tercatat mengalami luka-luka.

Deteksi awal yang dikeluarkan Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) terbaca gempa terjadi sekitar pukul 23.11 waktu setempat di kedalaman 10 kilometer. 

Pusat gempa tercatat sekitar 77 kilometer dari Marrakesh dekat kota Al-Haouz. Dari informasi laporan lokal menyebut beberapa warga terjebak di bangunan atau rumah-rumah yang runtuh. 

Tak lama kemudian, dua gempa susulan terjadi. Masing-masing berkekuatan 4,8 dan 3,4 skala Richter.  

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut