get app
inews
Aa Read Next : Insipiratif! Sabrina, Atlet Difabel Asal Tegal Sabet 2 Medali Emas di Kejurprov NCPI Jateng

Luar Biasa! Kennard, Siswa SD asal Pemalang Borong 3 Medali Olimpiade Matematika Internasional 2023

Rabu, 04 Oktober 2023 | 18:21 WIB
header img
Kennard, Siswa SD asal Pemalang Borong 3 Medali Olimpiade Matematika Internasional 2023. (Istimewa)

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Kennard Rezqiano Kusuma, siswa Sekolah Dasar kelas 1 GIS (Global Inbyra School) Tegal, sukses mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi dunia Internasional.

Menjadi salah satu perwakilan Indonesia, Kennard Rezqiano Kusuma berhasil memboyong 3 (tiga)  medali penghargaan di event Hong Kong International Mathematical Olympiade, HKIMO  2023 yang diselenggarakan di Hong Kong Science and Technology Park atau HKSTP, Tseung Kwan O, Hong Kong, pada 26 - 27 Agustus 2023.

Tiga penghargaan itu ialah Gold Award, yakni medali dengan memenuhi standard nilai Gold medali Olympiade, kedua medali 2nd runner up sebagai peserta dengan nilai tertinggi ke 3 dari seluruh peserta Internasional kategori Kindergarten, dan ketiga medali World Star, yakni peserta dengan nilai tertinggi dari seluruh 1146 peserta asal Indonesia dari TK hingga SMA.

Sebagai informasi, jumlah peserta yang mengikuti HKIMO Heat Round 2023 dari Indonesia ada 1146 orang. Adapun total keseluruhan peserta dari seluruh negara peserta yaitu sejumlah 12.500 orang.

Peserta yang lolos di final ialah 2300 orang, terdiri dari 800 peserta offline/luring dan 1500 peserta online/daring. Dari Indonesia sendiri ada 29 peserta offline/luring dan 121 peserta online/daring.

Sementara itu, pada babak penyisihan nasional (HKIMO Heat Round) diselenggarakan di masing-masing negara, termasuk Indonesia.

Kemudian, setelah mengikuti HKIMo heat round, peserta yang memperoleh Gold Medal, Silver Medal atau Bronze medal berhak melaju ke babak final (HKIMO Final Round) yang bertempat di Hong Kong. 

Kennard Rezqiano Kusuma, putra pertama dari pasangan Huseinda Kusuma, S.H., M.H., dan dr. Ika Benny Kartika Sari, Sp. OT., mendapatkan Silver Medali pada seleksi Heat Round.

Dengan demikian, dia dinyatakan lolos mengikuti event Hong Kong International Mathematical Olympiad, HKIMO  2023 pada tanggal 26 – 27 Agustus 2023, di Hong Kong Science and Technology Park atau HKSTP, Tseung Kwan O, Hong Kong.

Event Hong Kong International Mathematical Olympiad, HKIMO itu diselenggarakan oleh Hong Kong Olympiad Champion Education Centre. 

HKIMO sendiri merupakan Olimpiade Matematika Internasional Hongkong yang dikembangkan oleh mantan Ketua Tim Olimpiade Matematika Hongkong, Wong Tin Chun.

Even HKIMO tersebut diharapkan dapat mempromosikan Olimpiade Matematika ke seluruh dunia. Materi yang dilombakan terdiri dari lima topik utama, yakni Berpikir Logis, Aritmatika/Aljabar, Teori Bilangan, Geometri & Kombinatorik.

Tercatat ada ribuan siswa dari berbagai negara yang mengikuti Olimpiade HKIMO ini, di antaranya yakni dari Kazakhztan, Ukraina, Vietnam, Myanmar, Iran, Thailand, Indonesia, Bulgaria, China, Singapore, Hong Kong SAR, Kyrgystan, India, Laos, Sri Lanka, Uzbekistan dan Azerbaijan.

Editor : Aryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut