get app
inews
Aa Read Next : Sadis! Usai Dipukul dan Dicekik, Suami Buang Mayat Istri Sirihnya ke Sungai

KM Bintang Surya Terbakar di Perairan Karimun Selat Malaka, 17 Awak Kapal Selamat dan 1 Orang Tewas

Minggu, 12 Juni 2022 | 14:29 WIB
header img
KM Bintang Surya yang terbakar di Perairan Karimun. Minggu, (12/6/2022). Foto: iNews ID/Aryanto/ Dok. Bakamla RI

PEMALANG, iNews.id - Kapal Motor (KM) Bintang Surya yang terbakar di Perairan Karimun, Selat Malaka, Riau, hari ini, berhasil dipadamkan oleh Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) KN Pulau Dana-323. Dalam peristiwa kebakaran itu satu awak kapal tewas. Minggu (12/6/2022).

Berdasar keterangan yang disampaian Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI, Kapten Bakamla Yuhanes Antara, pada Minggu (12/6/2022), Diketahui KM Bintang Surya membawa anak buah kapal (ABK) berjumlah 18 orang, 17 orang selamat dan 1 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Menurut Yuhanes, awalnya Bakamla RI KN Pulau Dana-323 sedang berpatroli di Selat Singapura dan melaksanakan operasi Amerta Bumi II. Kemudian, KN Pulau Dana-323 mendapat permintaan bantuan darurat melalui kontak radio di channel 16.

"Pulau Dana-323 dengan kecepatan tinggi bergerak menuju lokasi kejadian. Diketahui koordinat kapal target di posisi 01.35.45 U - 103.35.09 T atau di sekitar Perairan Karimun," terang Yuhanes.

Seketika itu juga, Bakamla KN Pulau Dana-323 langsung mengaktifkan alat pemadam ketika tiba di lokasi, dengan cepat menurunkan rigid inflatable hulled boat (RHIB) dan melakukan penyemprotan air ke KM Bintang Surya yang terbakar.

Berdasar hasil identifikasi awal Tim Bakamla RI, KM Bintang Surya yang terbakar merupakan jenis kapal kargo kayu, bermuatan barang kelontong dan tengah berlayar dari Singapura menuju Tanjung Balai Karimun.

Selanjutnya, korban kebakaran KM Bintang Surya dibawa ke Tanjung Balai Karimun untuk mendapat pemeriksaan medis.

Sementara, Bakamla RI KN Pulau Dana-323 masih berjaga di sekitar lokasi kebakaran.

Editor : Abdul Kadir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut