get app
inews
Aa Read Next : Resep Empal Serundeng Hasil Kreasi Chef Devina Hermawan, Manis dan Gurih!

5 Jenis Kambing Kurban di Indonesia dan Ciri-Cirinya, Wow Ternyata Ada Bedanya

Rabu, 22 Juni 2022 | 18:04 WIB
header img
Penjual kambing musiman dadakan di pinggir jalan menjelang Idul Adha, Selasa (21/6/2022)/ Dok.pri ARIMBIHP

PEMALANG, iNews.id - Sebentar lagi, Hari Raya Idul Adha dirayakan seluruh umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sebagai informasi, terdapat 2 hewan yang biasa dikurbankan, yaitu sapi dan kambing. Akan tetapi di daerah tertentu seperti Kudus menyembelih kerbau untuk kurban.

Namun, sejak virus Penyakit Kuku dan Sapi (PMK) merebak, kambing menjadi salah satu alternativ hewan kurban yang dipilih agar lebih aman.

Bagi kamu yang sedang mencari hewan kurban kambing, berikut ini beberapa jenis yang wajib kamu ketahui:

 

1.  Kambing jawarandu

Kambing jawarandu merupakan hasil persilangan antara kambing PE(Peternakan Etawa) dan kambing kacang, sehingga memiliki tubuh besar dari kambing kacang namun bentuk fisik seperti kambing kacang.

Ciri kambing jenis ini adalah hanya memiliki bobot 40 kg saja ketika dewasa. Walaupun begitu, kambing jawarandu adalah kambing pedaging dan penghasil susu, Sehingga cocok untuk kurban Idul Adha.

 

2. Kambing Etawa

Jenis kambing etawa atau kambing jamnapari merupakan kambing gagah yang berasal dari daerah India. Kegagahan ini bisa dilihat dari tingginya yang bisa mencapai 127 cm dengan bobot mencapai 91 kg untuk seekor kambing jantan dewasa. Ciri lainnya adalah bentuk telinga yang lebar, panjang, serta jatuh. Jenis ini juga memiliki dua tanduk kecil yang terletak tepat di atas dahi dan juga tulang hidung yang maju.

Harga kambing Etawa 2021 sekitar Rp 1.800.000 – 4.900.000.

 

3. Kambing PE

Ciri-ciri kambing PE adalah memiliki tanduk kecil pada bagian kepala serta telinga yang lebar, panjang serta jatuh ke bawah.

Kambing jenis ini adalah hasil dari perkawinan antara kambing etawa dan kambing kacang agar kambing ini bisa beradaptasi dengan kondisi iklim Indonesia.

Maka tak heran jika kambing ini memiliki kesamaan dalam besar ukuran dengan kambing etawa namun memiliki kondisi fisik yang lebih baik.

Bobot kambing PE pun juga lumayan besar, untuk kambing jantan bisa mencapai bobot 91 kg, sedangkan untuk kambing betina beratnya bisa mencapai 63 kg saja.

 

4. Kambing Marica

Kambing marica merupakan variasi lain dari kambing yang banyak dijumpai di peternakan Sulawesi Selatan. Dibandingkan jenis kambing lainnya, kambing ini memiliki daya tahan tubuh paling baik sehingga mampu beradaptasi di musim kemarau dan lingkungan kering sekalipun.

 

5.Kambing Boer

Kambing boer merupakan jenis kambing qurban 2020 yang memiliki bobot tubuh relatif besar, yaitu bisa mencapai 150 kg untuk seekor jantan dewasa. Kelebihan lainnya jika menggunakan kambing ini sebagai kurban adalah karena memiliki karkas mencapai 50% dari total massa tubuhnya. Ciri utamanya adalah bentuk tubuh yang terlihat gemuk, lebar, dan juga panjang dengan kaki yang pendek. Mayoritas bulunya berwarna putih, terkadang ada yang bercorak coklat serta memiliki telinga panjang dan lebar.

Editor : Anila Dwi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut