get app
inews
Aa Read Next : Mirip Malioboro di Yogyakarta, Lokasi Taman di Kota Pemalang Ini Jadi Tempat Favorit Prewedding

Hore! Rute KRL Yogyakarta-Solo Diperpanjang Sampai Palur pada Juli Mendatang

Jum'at, 24 Juni 2022 | 20:20 WIB
header img
KRL Yogya-Solo sampai Palur/DOKPRI. ARIMBIHP

PEMALANG, iNews.id - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) tengah melakukan ujicoba KRL dari Stasiun Solobalapan hingga Stasiun Palur menyusul telah rampungnya proyek elektrifikasi dari Solobalapan hingga Stasiun Palur.

Pengoperasian KRL hingga Stasiun Palur tersebut diharapkan mulai pertengahan bulan Juli mendatang. 

Ujicoba yang dilakukan secara terbatas sudah dilakukan sejak tanggal 20 Juni lalu hingga Minggu (26/6/2022).

Direktur Utama PT KCI Roppiq Lutfi Azhar mengatakan, secara teknis sudah memenuhi persyaratan operasional KRL lintas Solobalapan sampai Palur.

"Tinggal tunggu sosialisasi ke masyarakat umum dan mudah-mudahan bisa beroperasi pertengahan Juli mendatang," jelas  seusai melakukan ujicoba KRL rute Solobalapan-Palur, Jumat (24/6/2022).

Roppiq menilai, dengan penambahan rute tersebut diharapkan penumpang KRL Solo-Yogyakarta juga semakin meningkat.

"Berdasarkan rata-rata pengguna KA Prambaban Ekspres (Prameks) yang beroperasi hingga Stasiun Palur tahun 2009 hingga 2012 lalu, rata-rata penumpang mencapai 11 hingga 12 persen," ujarnya.

Selanjutnya, sambung Roppiq, untuk di Stasiun Palur saat KA Prameks masih beroperasi, rata-rata dalam sehari ada 798 orang perhari.

"Sedangkan di Stasiun Jebres sebanyak 522 orang perhari," ujarnya.

Roppiq mengaku, proyek tersebut adalah bentuk kolaborasi pemerintah dengan membangun infrastruktur dari Solobalapan hingga Palur yang dimulai sejak tahun 2020 sepanjang 6,8 km.

KCI dan KAI selaku oeprator memiliki target mengembangkan okupansi penumpang dari antara Stasiun Solobalapan,  Jebres hingga Palur. 

"Harapannya penumpang tidak hanya dari Karanganyar tetapi juga dari Sragen dan daerah lainnya juga," katanya.

Saat ini untuk volume KRL Solo-Yogyakarta untuk hari biasa mencapai 40-45 persen atau 12.871 penumpang sedangkan saat jam sibuk bisa mencapai 100 persen. Volume penumpang KRL Solo-Yogyakarta saat akhir pekan bisa mencapai 16.038 penumpang perhari.

Sementara itu, Kepala Balai Teknik Perkeretapiaan Kelas I wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng), Putu Sumarjaya pada kesempatan yang sama mengatakan setelah elektrifikasi Solobalapan-Palur, selanjutnya akan dilakukan pengembangan hingga Kutoarjo dan Madiun.

"Sesuai masterplan saat ini yang suah siap adalah arah selatan yakni Yogyakarta hingga Wates dan Kutoarjo. Selanjutnya ke depan sesuai arahan Menteri Perhubungan, akan sampai ke Sragen dan Madiun, tapi bertahap," pungkasnya. 

Editor : Anila Dwi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut