get app
inews
Aa Read Next : Potret Ojek Perahu di Kali Elon Pemalang

Pasca Longsor Renggut 2 Korban Jiwa, Warga dari 2 RT di Desa Plakaran Pemalang Diungsikan

Senin, 27 Juni 2022 | 02:16 WIB
header img
Longsor di Desa Plakaran, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Minggu (26/6/2022). Foto: iNews ID/ Aryanto

PEMALANG, iNews.id - Pasca kejadian tanah longsor yang menimpa rumah milik Ibu Wasilah warga RT. 11 RW. 02 Desa Plakaran Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang, dan merenggut 2 korban jiwa dan materil, pemerintah desa Plakaran bersama jajaran Forkompimcam Moga dan TRC-PB BPBD Pemalang mengamankan lokasi longsor dan masih melakukan giat kerja bakti evakuasi dan pembenahan lokasi kejadian.

Namun dikarenakan kondisi di lokasi hujan masih terus mengguyur deras hingga malam, proses kerjabakti evakuasi dan pembenahan lokasi longsor dihentikan demi keamanan dan keselamatan.

Menurut keterangan Sekretaris Desa (Sekdes) Plakaran, Hemin, saat ini masih terjadi guguran-guguran tanah yang berpotensi longsor kembali.

Sehingga, kata Hemin, beberapa warga yang rumahnya dekat dengan lokasi longsor terpaksa akan dievakuasi untuk diungsikan ke tempat yang aman guna menghindari terjadinya longsor susulan.

Hemin menyampaikan, ada sekitar 65 jiwa yang akan dilakukan evakuasi untuk diungsikan sementara waktu, terdiri dari warga dari RT. 10 dan RT. 11 dari RW. 02.

"Saat ini masih kami lakukan pendataan mengenai warga yang akan kami evakuasi untuk mengungsi, dan data sementara tercatat ada 65 jiwa yang akan dievakuasi ke pengungsian," terang Hemin kepada iNews.id Pemalang, Minggu (26/6/2022) malam.

Diketahui sebelumnya, hujan lebat mengguyur wilayah Pemalang bagian selatan khususnya di wilayah Kecamatan Moga sejak pukul 13.00 s/d malam pukul 19.00 WIB dan mengakibatkan tanah tebing longsor menimpa rumah warga milik Ibu Wasilah warga RT. 11 RW. 02 Desa Plakaran yang terletak di bawahnya, Minggu (26/6/2022) pukul 14.00 WIB.

Ketiga korban yang berada di dalam rumah terjebak dan tertimbun longsor selama 1 jam sebelum akhirnya dievakuasi warga dan dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat. 

Dua korban tidak sempat terselamatkan (meninggal dunia), dan satu korban masih dalam perawatan. 

Identitas Korban
1. Wasilah (Perempuan) 30 th
Dalam perawatan di RS Muhammadiyah Rodliyah Achid Moga 
2. Jumaroh (Perempuan) 55 th, Ibu dari bu wasilah
(MD), sempat di bawa ke Klinik Rodja Asyifa Moga.
3. Kifa (Perempuan) 2 th (MD), sempat di bawa ke Klinik Rodja Asyifa Moga.

Sementara jumlah kerugian materil masih dalam pendataan.
 

Editor : Abdul Kadir

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut