get app
inews
Aa Read Next : Rapat Darurat Gempa Cianjur, Jokowi Perintahkan Segera Buka Daerah yang Terisolir

Bawa Pesan Perdamaian di KTT G7, Jokowi Sudah Tiba di Jerman

Senin, 27 Juni 2022 | 09:15 WIB
header img
Presiden Jokowi beserta rombongan telah tiba di Jerman, pada Minggu, 26 Juni 2022 waktu setempat (Sumber foto: BPMI Setpres).

PEMALANG, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan lakukan kunjungan ke sejumlah negara di Eropa dan Persatuan Emirat Arab (PEA), guna menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7.

Dari sejumlah negara, Jokowi kunjungi Jerman sebagai negara pertama. Usai tempuh perjalanan 13 jam, Jokowi beserta rombongan tiba di Munich Internasional Airport, Munich, Jerman, Minggu (26/06/2022), pukul 18.40 waktu setempat. 

Jokowi yang juga ditemani oleh Ibu Iriana dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, dijadwalkan akan mengikuti KTT G7 esok harinya di Istana Elmau, Jerman. 

Dalam forum KTT G7 ini, Jokowi menyampaikan akan mengangkat isu perdamaian di Ukraina. Selain itu, tambah Jokowi, juga upaya untuk mengatasi krisis pangan dan energi global. 

“Kita akan mendorong, mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi yang sedang melanda dunia,” kata Jokowi dalam keterangan pers yang diunggah oleh setkab.go.id, Minggu (26/6/2022).

Adapun, usai dari Jerman, Jokowi akan melanjutkan kunjungannya ke Ukraina. Jokowi dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. Dalam pertemuan itu, Jokowi akan membuka ruang dialog guna bangun perdamaian.

Selanjutnya, Jokowi juga akan mengunjungi Presiden Rusia, Vladimir Putin. Dengan melakukan misi yang sama, Jokowi juga akan meminta Putin untuk lakukan gencatan senjata dan menghentikan perang. 

“Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” lanjut Jokowi.

Diketahui, usai mengunjungi sejumlah negara di Eropa, Jokowi akan bertolak ke Persatuan Emirat Arab (PEA). Hal tersebut, lanjut Jokowi, guna membahas kerja sama dan investasi antara Indonesia dengan PEA. 

Editor : Abdul Kadir

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut