get app
inews
Aa Read Next : Gampang Banget! Ini Dia 13 Aplikasi Penghasil Saldo Dana, Dijamin Trusted

Langkah – langkah Daftar Kartu Prakerja Gelombang 36, Simak dan Dapatkan Sejumlah Insentif Uang

Senin, 11 Juli 2022 | 14:05 WIB
header img
Kartu prakerja gelombang 36, ikuti langkah - langkah daftar berikut ini untuk mendapat sejumlah insentif uang. Foto: Instagram @prakerja.go.id

PEMALANG, iNews.id – Simak langkah – langkah daftar kartu prakerja gelombang 36. Kartu prakerja gelombang 36 kini sudah dibuka sejak Minggu (10/6/2022) tepat pukul 12.00 WIB.

Kartu prakerja merupakan sebuah program dari pemerintah dalam upaya pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Pendaftar yang nantinya dinyatakan lolos  akan mendapat akses pelatihan kerja senilai Rp 1 Juta sekaligus sejumlah insentif uang. Besaran insentif uang yang didapat adalah Rp 2,4 Juta.

Bagi yang sudah pernah mendaftar, maka cara untuk mendaftar kembali adalah dengan klik Gabung Gelombang setelah login atau masuk. Sementara, bagi yang belum mendaftar, berikut cara lengkap daftar kartu prakerja gelombang 36.

  1. Buka laman www.prakerja.go.id.
  2. Masukkan email dan password, lalu klik Daftar.
  3. Buka email dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.
  4. Buka kembali laman www.prakerja.go.id.
  5. Klik Masuk pada halaman depan.
  6. Masukkan email dan password akun yang sudah  didaftarkan serta kode captcha yang dilihat, klik Masuk.
  7. Setelah berhasil daftar akun dan login ke akun, maka akan diarahkan ke laman verifikasi KTP. Isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik lanjut.
  8. Lengkapi data diri dan pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai.
  9. Untuk dapat melanjutkan ke verifikasi foto e-KTP, Ambillah foto dari HP. Jika awalnya mengakses dengan komputer, segera lanjutkan pendaftaran melalui browser HP.
  10. Langkah berikutnya adalah verifikasi foto wajah. Saat mengunggah swafoto (selfie), perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi berjalan lancar.
  11. Selanjutnya adalah verifikasi nomor HP. Klik kirim OTP dan masukkan 6 (enam) digit kode OTP yang sudah dikirimkan ke nomor HP.
  12. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi sampai selesai, klik lanjut.
  13. Berikutnya adalah melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Isi tes sampai selesai.
  14. Pilih Gelombang yang tersedia di dashboard sesuai dengan alamat KTP kamu, lalu klik Gabung Gelombang. Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Klik Saya Menyetujui. Selesai.

Itulah langkah – langkah yang lengkap untuk mendaftar kartu prakerja gelombang 36. Informasi hasil seleksi kelulusan akan diumumkan melalui SMS dan email pasca penutupan gelombang 36.

Editor : Abdul Kadir

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut