get app
inews
Aa Read Next : Potret Ojek Perahu di Kali Elon Pemalang

Forkopimda Ajak Masyarakat Desa Beluk Ciptakan Pilkades Damai, Simbol Masyarakat Ber-etika

Kamis, 15 September 2022 | 23:08 WIB
header img
Camat Belik Mujianto, memberikan sambutan dalam acara Ngopi Bareng Forkopimda Pemalang. Kamis (15/9/2022). Foto: Istimewa

PEMALANG, iNews.id - Kapolres, Dandim, Plt Bupati Pemalang, dan Dispermasdes (Forkopimda) mengadakan ngopi bareng (ngobrol dan pikir bareng) bersama masyarakat Desa Beluk, Kecamatan Belik, Kabubaten Pemalang dalam rangka menyongsong perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) oktober 2022 mendatang di Desa Beluk.

Acara yang dimulai dengan sambutan Kepala Desa Beluk, M. Yunus, berharap dapat terwujudnya demokrasi yang kondusif, sportif, dan lancar dalam pesta rakyat Pilkades mendatang.

Camat Belik, Mujianto, mengatakan, bahwasannya dari unsur kewilayahan Kecamatan Belik juga telah melaksanakan ngopi bareng bersama Forkopimcam dalam hal menghadapi pesta demokrasi Pilkades di Desa Beluk.

Adapun para kandidat balon, disebutkan oleh Camat Belik, ada 6 kandidat balon, yaitu:

1. Rinto, 2. Suhardi, 3. Usnanto, 4. Budi Kristanto, 5. Suci Priyatni, 6. Aziz Muslim

Dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 7.900 hak pilih, dengan 20 TPS, untuk 4 dusun.

Pihak Kecamatan sendiri menyiapkan tim dalam pelaksanaan Pilkades, diantaranya dari unsur masyarakat yang terdiri dari pengawas desa 5 orang, Polsek, Koramil, dan Puskesmas.

"Forkopimcam siap mengawal siap dan mengawasi Pilkades Desa Beluk," ucap Mujianto.

Sementara, Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo, melalui Wakapolres Pemalang Kompol Ari Akta, mengatakan agar kiranya masyarakat jangan sampai mengotori, menciderai pesta demokrasi dengan sesuatu hal yang membuat suasana tidak kondusif.

"Perbedaan pendapat di masyarakat dalam mendukung masing-masing kandidat calon juga jangan sampai gontok-gontokan. Jangan sampai itu terjadi," ucap Wakapolres mengingatkan.

"Para calon kades jangan cuma siap untuk menang, tapi juga siap untuk kalah," tegas Ari Akta.

Wakapolres juga mengatakan, jangan sampai ada permasalahan yang menimbulkan suasana tidak kondusif. 

"Jika ada sekecil apapun permasalahan, segera selesaikan dengan komunikasi yang baik, jangan sampai ada timbul masalah hukum," ucapnya lanjut.

"Pastikan, permasalahan yang ada untuk segera diselesaikan, komunikasikan dengan Forkopimcam untuk menjembatani," sambung Wakapolres.

"Api kecil, kalau dibiarkan bisa besar. Api besar kalo bisa menghadapinya bisa, maka padam," tandasnya.

"Semoga pesta demokrasi dapat berjalan dengan lancar, situasi tetap kondusif," pungkas Wakapolres.o

Sementara, Dispermasdes yang mewakili Plt Bupati Pemalang, mengatakan hal senada dengan ungkapan sambutan-sambutan diatas, dan berpesan agar masyarakat dalam memilih Kepala Desa jangan mau diiming-imingi duit.

"Jangan memilih karena duit," ucap Dispermasdes.


Ngopi Bareng Forkopimda Pemalang bersama masyarakat desa Beluk Kecamatan Belik, jelang Pilkades 9 Oktober 2022. Kamis (15/9/2022). Foto: Istimewa

Editor : Abdul Kadir

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut