get app
inews
Aa Read Next : Komplotan Pencuri Spesialis Minimarket di Pemalang Dibekuk Polisi, Ternyata Ini Barang yang Dicuri

Yuk Healing! Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Tiketnya Paling Mahal Rp 10 Ribu

Jum'at, 11 November 2022 | 18:53 WIB
header img
5 rekomendasi wisata murah di Jawa Tengah

Jawa Tengah, iNewsPemalang.id - Jawa Tengah dikenal dengan daerah yang kaya akan hasil alamnya. Tidak terkecuali di bidang pariwisata.

Banyak tempat pariwisata yang menyuguhkan berbagai macam keindahan alam, mulai dari pegunungan, perbukitan, maupun pantai yang membentang luas di berbagai wilayah.

Menjelang akhir tahun, tentunya banyak yang menginginkan perjalanan liburan yang asyik dan menyenangkan bukan?

Nah, 5 tempat di Jawa Tengah ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin berlibur dengan biaya yang sangat terjangkau loh, berikut diantaranya :

1. Goa Petruk

Wisata goa satu ini cukup unik namanya, seperti salah satu nama tokoh dalam pewayangan. Hal ini disebabkan karena bentuk bagian atas batunya yang mirip dengan hidung Petruk.

Sayangnya, logo iconic tersebut sudah putus dan tidak kelihatan lagi disebabkan ulah Belanda yang waktu itu melakukan penambangan phosfat. Namun jangan khawatir, hal itu bukanlah satu satunya spot utama dalam destinasi wisata ini.

Kamu akan disuguhkan dengan bebatuan unik di dalam goa,dan dapat melihat pemandangan yang indah dari dalam.Kamu juga akan dibuat terpesona dengan hamparan batu stalaktit dan stalagmit yang menyerupai berbagai bentuk.

Bahkan,seorang pakar goa dari luar negeri pernah mengatakan, bahwa Goa Petruk ini merupakan goa terindah di seantero Nusantara.

Untuk menikmati keindahan goa, kamu cukup membayar tiket seharga Rp 10.000/dewasa dan Rp 5000/anak anak.

Sedangkan untuk tarif parkir dikenakan Rp 2000/motor dan Rp 5000/mobil. Alamat Goa Petruk sendiri berada di Dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

2. Pantai Menganti

Pantai ini menyajikan hamparan laut yang biru nan cantik,hampir mirip seperti di Selandia Baru. Pasirnya yang putih dan perbukitan yang mengelilingi pantai memberikan nuansa sejuk dan segar.

Kamu juga bisa melakukan camping ataupun menyewa penginapan penginapan yang ada di sekitar pantai agar bisa menikmati suasana sunrise dan sunset di pantai ini.

Pantai ini buka 24 jam dengan harga tiket sebesar Rp 10.000/orang dan sudah termasuk biaya parkir.

Alamatnya sendiri berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi JawaTengah.

3. Air Terjun Grenjengan Kembar

Air terjun Grenjengan Kembar berlokasi di tengah hutan lereng Gunung Merbabu.Tepatnya di Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Air terjun ini memberikan sejuknya aroma khas pegunungan dan kamu akan dibuat tenang dengan suara gemircik air serta gesekan pepohonan yang mengelilingi tempat ini.

Harga tiketnya pun cukup terjangkau, hanya dengan Rp 10.000/orang kamu sudah bisa menikmati segarnya air dari lereng pegunungan.

Meski para wisatawan datang di siang hari,tidak akan merubah suhu air di tempat ini.Pihak pengelola destinasi wisata ini pun menggratiskan biaya parkir untuk para wisatawan.

4. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Kota Semarang.Tepatnya di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Umbul Sidomukti mempunyai daya tarik kolam renang di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 mdpl. Serta memiliki tiga tingkatan dengan kedalaman yang berbeda beda.Bentuk kolam renang ini berbeda dengan bentuk kolam renang pada umumnya. Umbul Sidomukti ini memiliki bentuk kolam renang yang menyerupai mangkok dengan dinding menggunakan batu,dan airnya diambil dari mata air Pegunungan Ungaran.

Selain itu disini juga terdapat beberapa objek lain yang bisa dinikmati diantaranya perkebunan di wahana Little Ranch dan Goa buatan bernama GoaTirta.

Tempat ini pun memiliki harga tiket masuk yang cukup terjangkau, hanya Rp 5000/orang. Dengan tarif parkir Rp. 5000/motor dan Rp 10.000/mobil.

Untuk kamu yang tertarik bisa datang setiap hari dari pukul 09.00-21.00 WIB.

5. Kalibiru

Wisata Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

Disini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan yang menyejukkan mata dan beberapa wisata buatan seperti flying fox, trekking dsn beberapa permainan lainnya.

Untuk masuk kesini kamu cukup membayar tiket sebesar Rp 5000 (weekday) dan Rp 10.000 (weekend).

Itulah beberapa tempat pariwisata yang bisa kamu kunjungi di wilayah Jawa Tengah. Jadi, mau healing kemana nih?

Editor : Sandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut