get app
inews
Aa Read Next : Potret Ojek Perahu di Kali Elon Pemalang

Musim Hujan, Pembuat Batu Bata Merah di Kabupaten Pemalang Masih Banyak Pesanan

Selasa, 15 November 2022 | 22:10 WIB
header img
Pembuat batu bata merah di Desa Pedurungan Pemalang masih banyak pesanan di musim hujan. Foto: iNews ID/ Santiaji Pangestu

PEMALANG, iNews.id - Desa Pedurungan RT. 01 RW. 08 di Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang sejak lama dikenal sebagai sentra kerajinan batu bata merah yang terbuat dari tanah liat.

Salah satu warga pembuat batu bata, Suharyo, ketika ditemui di lokasi pembakaran batu bata merah di Desa Pedurungan pada Selasa (15/11/2022), mengatakan bahwa pembuat batu bata merah kini banyak dari desa lain, karena batu bata merah saat ini sangat dibutuhkan untuk pembangunan perumahan dan bangunan gedung lainnya. 

"Saat ini kebanyakan yang membuat sebagian adalah pendatang dari desa lain," ucapnya

Melihat proses pembakaran batu bata merah ternyata membutuhkan waktu yang sangat lama, tergantung kapasitas yang ada di tungku tobong pembakaran batu bata, ada yang sampai 1 hari 1 malam.

Menurut Suharyo, untuk 10 ribu batu bata merah memerlukan waktu pembakaran sedikitnya 13 hingga 15 jam. Batu bata itu ditumpuk di dalam tungku tobong dan dibakar dengan mengunakan merang, dedak, dan kayu bakar.

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut