get app
inews
Aa Read Next : Profil Istri Presiden Korsel Yoon Suk-yeol yang Bikin Netizen Gagal Fokus!

KTT G20 Belum Selesai, Sejumlah Kepala Negara Pulang Lebih Dulu

Kamis, 17 November 2022 | 06:58 WIB
header img
Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol meninggalkan Bali sebelum merampungkan prosesi G20 / Foto : Instagram

Mengenai kepulangan Presiden Korea Selatan tersebut, sebelumnya memang sudah dikabarkan oleh Duta Besar RI, yakni Gandi Sulistyanto pada Minggu (13/11/2022).

"Ada info Presiden Yoon akan pulang lebih awal dan tidak mengikuti penutupan. Tapi itu info awal, entah bagaimana keputusannya," ujarnya.

Menurut Teuku Faizasyah selaku Kementerian Luar Negeri menyebutkan bahwa selain Presiden Korea Selatan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov juga telah kembali ke negaranya sebelum KTT G20 selesai.

Selanjutnya, disusul oleh Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheihk Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Presiden FIFA Gianni Infantino.

"Sudah pulang semalam. Semalam yang pulang adalah Presiden UAE, PM Korsel, Menlu Rusia, PM Kamboja, dan Ketua FIFA," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Teuku Faizasyah di sela-sela KTT G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada Rabu (16/11/2022).

Usai penutupan KTT G20, Joe Biden selaku Presiden Amerika Serikat (AS) segera pamit untuk meninggalkan Bali pada Rabu (16/11/2022) dikarenakan hendak menghadiri pesta pernikahan cucunya di Gedung Putih. Kepulangan Joe Bidden pun dilakukan tepat pada pukul 01:11 WITA setelah KTT G20 resmi ditutup.

Selain itu, Presiden India Narendra Modi juga telah meninggalkan Bali pada pukul 07.00 dan disusul oleh Presiden Perancis Emmanuel Macron pada pukul 07.14 WITA.

Sedangkan Presiden Xi Jinping dikabarkan kembali ke negaranya usai menyaksikan peluncuran Kereta Cepat Jakarta - Bandung pada Rabu (16/11/2022) pukul 08.00 WITA.

Editor : Sandi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut