get app
inews
Aa Read Next : Potret Ojek Perahu di Kali Elon Pemalang

Ini Dia! 5 Makam Tokoh Penting di Pemalang yang Kerap Diziarahi

Jum'at, 02 Desember 2022 | 06:33 WIB
header img
5 makam wali di Kabupaten Pemalang / Foto : Makam Mbah Nur

Pemalang, iNews.id- Sebagai masyarakat yang lekat dengan tradisi Pulau Jawa, Kabupaten Pemalang mengisi daftar tempat dengan segudang wisata religi yang kerap dikunjungi wisatawan.

Bukan hanya itu, daerah tersebut juga memiliki beberapa makam para wali yang seringkali diziarahi oleh masyarakat lokal maupun luar daerah.

Beberapa makam tersebut merupakan tempat berpulangnya para tokoh agama, dimana masyarakat mempercayai bahwa jika melakukan ziarah ke makam wali maka akan mendapatkan keberkahan dan syafaat.

5 makam terpopuler yang kerap menarik para peziarah, diantaranya :

1. Syekh Maulana Syamsudin

Makam ini terletak di Jl. Yos Sudarso, Pencolotan, Sugihwaras, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang. Diketahui, Syekh Maulana Syamsudin mempunyai nama kecil Solechuddin Al Baghdadi.

Sesuai namanya, ia merupakan seorang Syekh asal Baghdad (Irak) dan disebut - sebut masih keturunan Syekh Abdul Qodir Al jaelani.

2. Pangeran Benowo

Pangeran Benowo merupakan anak sah Sultan Hadiwijaya atau Jaka Tingkir dari Kerajaan Pajang. Mitosnya, ia merupakan salah seorang anak raja yang berperan penting dalam terbentuknya Kabupaten Pemalang.

Makamnya berada di Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang dan kerap dikunjungi oleh para peziarah di hari - hari tertentu.

3. Syekh Maulana Maghribi

Syekh Maulana Maghribi merupakan seorang Pangeran asal Turki. Ia ialah seorang ulama besar yang menyebarkan ajaran agama islam.

Pada suatu waktu, beliau hijrah ke tanah Jawa karena melihat sebuah cahaya misterius di sebelah timur angkasa.

Dari perjalanan panjangnya tersebut, ia kemudian berhenti dan wafat di Desa Pesantren, Ulujami, Blandong, Kabupaten Pemalang.

Sebagai informasi, Syekh Maulana Maghribi juga dikenal dengan nama Mbah Atas Angin.

4. Mbah Nur

Para peziarah nampaknya sudah tak asing lagi dengan sosok beliau, yaitu Haji Nur Durya bin Sayyid atau yag biasa disebut dengn Mbah Nur. Mbah Nur adalah sosok yang memiliki dasar spiritualitas tinggi atau dalam tradisi Islam disebut sebagai sufi.

Ia dikenal sebagai sosok penuh semangat dalam menuntut ilmu, giat beribadah, hidup zuhud dan sederhana. Makamnya pun kerap diziarahi oleh para pziarah dari berbagai daerah.

Adapun, makam Mbah Nur sendiri berlokasi di Desa Walangsanga, Kec. Moga, Kabupaten Pemalang.

5. Mbah Cepoko Wulung

Mbah Cepoko Wulung adalah tokoh yang berperan besar atas penyebaran agama islam di desa Gedeg. Sebagai informasi, sebelumnya Desa Gedeg adalah sebuah desa yang menganut ajaran Hindu-Budha. Itulah mengapa Mbah Cepoko Wulung memiliki peran penting di desa tersebut.

Makamnya sendiri berada di Desa Gedeg, Comal, Kabupaten Pemalang dan kerap diziarahi oleh para peziarah.

Itulah beberapa makam populer yang seringkali dikunjungi oleh para peziarah di wilayah Kabupaten Pemalang. Kamu sudah pernah ziarah kemana?

Editor : Sandi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut