get app
inews
Aa Read Next : Potret Ojek Perahu di Kali Elon Pemalang

Menilik Pembuatan Perahu Nelayan Tradisional di Pemalang, Ternyata Sangat Handal

Minggu, 04 Desember 2022 | 00:12 WIB
header img
Pembuat perahu nelayan tradisional di Desa Asemdoyong, Pemalang. Foto: Istimewa

PEMALANG, iNews.id - Masyarakat pesisir Kabupaten Pemalang mayoritas menggantungkan pencahariannya di laut, salah satunya sebagai nelayan. Karenanya, tentu kebutuhan akan perahu nelayan juga merupakan peluang bisnis.

Di Kabupaten Pemalang bagian pesisir pantai, masyarakatnya sebagian juga ada yang menjadi pembuat perahu nelayan tradisional. Salah satu pembuat perahu tradisional ialah Muhtadi (55) yang telah dikenal luas di kalangan para nelayan baik di Kabupaten Pemalang maupun luar daerah.

Muhtadi, merupakan warga Desa Asemdoyong RT. 045 RW. 09, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Bengkel pembuatan perahu miliknya terletak tak jauh dari kediamannya, yaitu di dekat sekitaran sungai Waluh, masyarakat biasa menyebutnya kali Elon.

Dalam mengerjakan membuat perahu tradisional, Muhtadi mengaku tak mengerjakannya seorang diri, namun dibantu oleh temannya.

Meski Muhtadi bukan asli orang Asemdoyong, tetapi karena keahliannya tersebut membuatnya sudah sekitar 32 tahun menetap dan bekerja sebagai tukang pembuat perahu di wilayah itu.

"Kerjanya saya disini mas, saya tekuni, sementara untuk mencari pekerjaan lain saya tidak bisa, karena keahlian saya cuma bisanya membuat atau memperbaiki perahu," ucapnya. 

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut