Logo Network
Network

Heboh! Jutaan Kerang Engsol Muncul di Pantai Asemdoyong Pemalang, Warga Pesisir Berebut Panen

Aryanto
.
Minggu, 25 Desember 2022 | 17:52 WIB
Heboh! Jutaan Kerang Engsol Muncul di Pantai Asemdoyong Pemalang, Warga Pesisir Berebut Panen
Warga di kawasan pantai Asemdoyong berebut panen Kerang Engsol. Foto: Istimewa

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Masyarakat pesisir pantai Muara Indah, Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman, Pemalang, berbondong-bondong pergi ke pantai berebut panen Kerang Bokor atau Kerang Engsol, atau yang juga sering disebut Kerang Darat, Minggu (25/12/2022).

Jutaan Kerang Engsol ini terhempas ombak besar yang diperkirakan akibat lumpur dari permukaan bawah laut terangkat, menjadikan Kerang yang berada di dasar laut ikut terbawa ombak ke tepian pantai.

Fenomena alam yang tak sering terjadi ini menjadi berkah tersendiri bagi para nelayan di pesisir pantai Pemalang, ketika perahunya tidak bisa berlayar karena perubahan iklim atau ombak besar, maka alternatif mencari kerang di tepi pantai pun menjadi pilihan bagi mereka, hal ini menjadi tambahan ekonomi atau sekedar lauk keluarga.

Masyarakat pesisir yang berprofesi sebagai nelayan tersebut, akan memasak kerang itu sebagai lauk pauk, dan ada juga yang menjualnya. 

Menurut Mualif (45), warga setempat menuturkan, kejadian jutaan kerang terhempas sering terjadi, tiap musim ombak, sudah tidak asing bagi orang pesisir.

"Biasanya terjadi tiap musim ombak besar," kata Mualif.

Follow Berita iNews Pemalang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini