Malam Pergantian Hari Jadi Pemalang ke-448, Gelar Tradisi Wungon dan Tumpengan di Kecamatan Belik

Aryanto
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 02:05 WIB
Wungon dan pemotongan tumpeng di Kecamatan Belik, menjelang malam pergantian hari jadi Kabupaten Pemalang ke- 448, Senin (23/1/2023). Foto: Istimewa

PEMALANG, iNews.id - Malam pergantian Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke- 448 yang jatuh pada hari Selasa, 24 Januari 2023, acara wungon (zikir dan doa bersama), sebagai tradisi Jawa dari sejak dulu, khususnya di wilayah Pemalang selatan, digelar di Kecamatan Belik, Senin (23/1/2023) malam, sekira pukul 20.00 WIB sampai selesai.

Camat Belik Mujianto, memimpin langsung acara wungon dengan dihadiri seluruh pegawai kecamatan dan Forkopimcam, serta Kades se-Kecamatan Belik. 

Acara wungon dibuka dengan pembacaan riwayat sejarah Kabupaten Pemalang oleh Sekcam Belik, yang mengulas sejarah babat tanah Pemalang hingga para tokoh pemimpin (Bupati) Pemalang, dari pertama hingga sekarang, kemudian dilanjutkan zikir dan doa bersama.

Berlangsung penuh khidmat dengan lantunan zikir dan ditutup dengan doa oleh KH Yahya Muhail (tokoh masyarakat) setempat, acara wungon kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Camat Belik.

Camat Belik Mujianto berharap, dengan digelarnya wungon, Pemalang yang saat ini sedang dalam keterpurukan akan segera pulih kembali.

"Semoga masyarakat Pemalang bisa bersatu, bangkit bersama menuju Pemalang aman dan ikhlas, seperti tema hari jadi Pemalang saat ini," ujar Mujianto.

Sementara, Aiptu Budi Prasetyo, mewakili Kapolsek Belik Iptu Zaenudin mengatakan, kegiatan wungon sangat penting, karena dengan berdoa kiranya dapat terwujud masyarakat yang kondusif dan maju.

"Semoga masyarakat Pemalang semuanya dalam keadaan sehat, aman dan maju," ucap Aiptu Budi Prasetyo.

Follow Berita iNews Pemalang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini