get app
inews
Aa Read Next : Program TJSL BRI Peduli, BRI Cabang Pemalang Beri Bantuan Satu Unit Ambulans ke MWCNU Ampelgading

Kue Serabi, Jajajan Tradisonal yang Legendaris di Pemalang Tak Pernah Sepi Pembeli

Sabtu, 11 Februari 2023 | 12:03 WIB
header img
Penjual kue serabi di Jalan Kolonel Sugiono Pemalang, setiap harinya ramai pembeli, Sabtu (11/2/2023). Foto: iNews.id/ Santiaji Pangestu

PEMALANG, iNews.id - Kue serabi, merupakan jajanan pasar tradisional berbahan tepung beras yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa.

Serabi yang berbentuk bundar dengan tekstur empuk bercita rasa gurih ini biasanya dimasak dengan menggunakan wajan kecil dari tanah liat dengan dipanggang di atas bara kayu bakar atau arang.

Kuliner rakyat yang berumur ratusan tahun ini di Indonesia sudah sangat terkenal, terutama serabi dari kota Bandung dan kota Solo.

Meski ada yang mengatakan jika makanan ini mendapat pengaruh dari budaya kuliner luar, seperti India dan Belanda, namun makanan bernama kue serabi ini lebih terkenal sebagai salah satu makanan khas (kue tradisional) dari Indonesia.

Jajanan populer yang satu ini juga ada di Kabupaten Pemalang, salah satunya di daerah Beji, Kecamatan Taman. 

Mbok Siwas (60), sudah lama berjualan kue serabi di Jalan Kolonel Sugiono, tepatnya di sebelah selatan pasar Beji. Kue serabi buatan mbok Siwas memang berbeda dan unik, karena dicampur dengan kelapa parut, sehingga menambah cita rasa gurih dan enak.

"Dimasak dengan santan santan dan sedikit gula pasir, serabi ini terasa gurih, manis dan enak," ujar seorang pembeli, Yati (30).

"Buka setiap hari, mulai jam 03.00 WIB sampai jam 09.00 WIB," kata mbok Siwas, sambil melayani pembeli, Sabtu (11/2/2023).

"Alhamdulillah, tidak pernah sepi pembeli," imbuhnya.

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut