get app
inews
Aa Read Next : Perwira Polisi Tewas di Kediamannya, Polda Jateng Sebut Korban Bunuh Diri Pakai Pistol

Pangdam IV Diponegoro Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal

Kamis, 17 Agustus 2023 | 11:29 WIB
header img
Pangdam IV/Diponegoro pimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang, Kamis (16/8/2023). Foto: Dok Pendam IV

SEMARANG, iNewsPemalang.id - Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono memimpin pelaksanaan apel kehormatan dan renungan suci (AKRS), di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang, Kamis (17/8/2023).

Apel yang dilaksanakan tepat pukul 00.00 WIB tersebut ditujukan sebagai wujud apresiasi dan penghormatan tertinggi kepada para Pahlawan atas keikhlasannya dalam mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan Indonesia. 

Hadir dalam giat tersebut, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Melibatkan unsur TNI, Polri, ASN Provinsi Jateng dan Pramuka Kwarda Jateng.

Cahaya obor yang menyala dan lilin yang berada diseluruh makam menambah kesakralan pada pembacaan naskah AKRS dalam apel yang berlangsung khidmat.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Richard Harison mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang wajib dilakukan menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dimana untuk mengenang jasa para pahlawan atas keteguhannya dalam memperjuangkan dan menegakkan keadilan demi Kemerdekaan negara Indonesia, meskipun nyawa taruhannya. 

“Tepat dihari ini impian, harapan dan doa seluruh Bangsa Indonesia saat itu dikabulkan oleh Tuhan YME. Belenggu dari para penjajah telah terpatahkan seluruhnya berkat kegigihan para Pahlawan dalam berperang sampai titik darah penghabisan demi Kemerdekaan Indonesia,” kata Kapendam.

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut