get app
inews
Aa Read Next : Program TJSL BRI Peduli, BRI Cabang Pemalang Beri Bantuan Satu Unit Ambulans ke MWCNU Ampelgading

Menilik Monumen Jenderal Gatot Subroto di Desa Belik, Pahlawan Nasional dari Banyumas

Kamis, 17 Agustus 2023 | 13:26 WIB
header img
Monumen Gatot Subroto di dukuh Tepus, Belik, Kabupaten Pemalang. Foto: Istimewa

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Melintasi jalan raya Belik-Purbalingga, tepatnya di dukuh Tepus Desa Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang, terdapat sebuah taman dengan sebuah monumen

Pada monumen itu beridiri gagah patung seorang pahlawan nasional, yakni Gatot Subroto. Lokasi taman yang indah dan kaya pesona alam itu berada di perbatasan Kabupaten Pemalang-Purbalingga, Jawa Tengah.

Monumen itu didirikan untuk mengenang jasa Jenderal Gatot Subroto. Seorang pahlawan nasional, dan merupakan salah satu tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang berasal dari Banyumas.

Lahir pada 10 Oktober 1907 di Banyumas Jawa Tengah, dan wafat di umur 54 tahun, tepatnya pada 11 Juni 1962 di Jakarta, dan dimakamkan di Ungaran Semarang.

Gatot Subroto dikenal sebagai tentara yang pro rakyat kecil, meski saat itu sebagai tentara kependudukan Belanda dan Jepang. Dia juga sempat memasuki sekolah militer het Koninklijke Nederlands(ch)-Indische Leger (KNIL) di Magelang, pada tahun 1923. Di sini dia banyak belajar ilmu militer yang membuatnya paham dan mengerti bagaimana seorang tentara harus bertindak.

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut