get app
inews
Aa Read Next : Vietnam Juara Piala AFF U-23 2023 Melalui Adu Penalti

Angkernya Tikungan 10 Sirkuit Mandalika Bikin Merinding Para Pembalap, Sering Makan Korban

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 14:57 WIB
header img
Tajamnya tikungan 10 di Sirkuit Mandalika bikin merinding para pembalap. Foto: MotoGP

PEMALANG, iNewsPemalang.id Sirkuit Mandalika menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Indonesia. Namanya pun sering diperbincangkan oleh para pecinta balap MotoGP. Terlebih paska musibah yang merenggut nyawa pembalap Jepang, Haruki Noguchi.

Peristiwa nahas yang menimpa Haruki Noguchi tak pelak menjadi pembicaraan luas dunia. Tikungan 10 di sirkuit Mandalika yang sudah memakan korban pun tak luput menjadi sorotan.

Noguchi mengalami musibah pada ajang lomba FIM Asia Road Racing Championship (ARCC) 2023 pada Minggu 13 Agustus 2023 lalu. Dia terjatuh di tikungan 10 sirkuit Mandalika. Meski sempat menjalani perawatan, namun dikabarkan nyawanya tidak tertolong.

Kini, tikungan 10 sirkuit Mandalika sering disebut dan menjadi viral. Kendati memiliki pemandangan indah yang memukau, tikungan 10 juga disebut yang paling berbahaya.

Dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (19/8/2023), Noguchi tampil di kelas Asia Superbike 1000cc. Dia mengalami kecelakaan tepat di putaran keempat FIM ARRC 2023. 

Insiden itu terjadi ketika bagian depan motor Noguchi tersenggol ban belakang pembalap Malaysia, Zaqwan Zaidi yang tergelincir, lalu terpeleset dan keluar trek. Noguchi turut  terjatuh di lintasan. Kecelakaan fatal pun akhirnya tak dapat terhindarkan.

Sementara, pembalap lain, Kasma Daniel yang kala itu melintas di belakangnya juga tidak mampu berkelit untuk menghindar dan melindas Noguchi. 

Noguchi, pembalap muda berbakat yang baru berusia 22 tahun itu namanya kini terngiang di telinga masyarakat Indonesia. Dia menjadi korban pertama dari angkernya tikungan 10 di Sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika memiliki 17 tikungan, yakni 11 tikungan ke arah kanan dan 6 tikungan ke arah kiri. Tikungan 10 dikenal yang paling tajam.

Angkernya sirkuit Mandalika juga dirasakan para pembalap World Superbike dan World Supersport di putaran kedua musim 2023. Setidaknya ada empat pembalap dari kedua kelas yang terjatuh saat mencoba melewati tikungan 10 pada sesi latihan bebas atau free practice (FP).

Bahkan, Marc Marquez juga termasuk pembalap yang pernah terjatuh di tikungan 10 itu. Dia terjatuh saat melakukan pemanasan di ajang MotoGP 2022 silam. 

Editor : Aryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut