get app
inews
Aa Read Next : Diguyur Hujan Lebat, Sungai Klawing dan Sungai Gringsing Meluap, 4 Desa di Purbalingga Terendam

Potret Gardu VOC, Bangunan Peninggalan Belanda di Kawasan Jalur Pemalang - Purbalingga

Senin, 25 September 2023 | 11:18 WIB
header img
Berkendara melintasi jalur Pemalang - Purbalingga, pengendara akan melihat sebuah bangunan kecil persegi mirip rumah bertuliskan Gardu VOC. (Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPemalang.id - Berkendara melintasi jalur Pemalang - Purbalingga, pengendara akan melihat sebuah bangunan kecil persegi mirip rumah bertuliskan Gardu VOC. Lokasinya berada di wilayah Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.

Bangunan dengan persegi sekitar 2,5 meter dan tinggi 3,5 meter itu terbuat dari beton dengan pintu masuk berbentuk lengkung tanpa daun pintu. Pada sisi kiri bangunan tersebut terdapat lubang jendela berbentuk sama melengkung yang juga tanpa daun jendela.


Gardu VOC di Karangreja Purbalingga (Istimewa)
 

Dirangkum dari beberapa sumber, dahulu ada 6 gardu serupa  di wilayah Purbalingga yang masing-masing berada di Kecamatan Karanganyar, Bobotsari dan Karangreja. Namun, saat ini hanya dua gardu yang tersisa, satu berada di Desa Tlahab Lor, dan lainnya berada di Desa Siwarak. Keduanya berada di Kecamatan Karangreja, merupakan jalur transportasi Purbalingga - Pemalang.

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut