get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Tugu Leitje, Situs Makam Belanda di Pemalang yang Kini Jadi Cagar Budaya

Mengenal Ende, Wilayah Bersejarah Saksi Lahirnya Gagasan Pancasila

Rabu, 01 Juni 2022 | 10:47 WIB
header img
Ende Sebagai Saksi Sejarah Lahirnya Pancasila.

PEMALANG, iNews.id -  Ende adalah sebuah wilayah bersejarah yang berada di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pada hari ini tanggal 1 Juni 2022, Ende dijadikan sebagai pusat perayaan Hari Lahir Pancasila. Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan. Meskipun jarang terdergar, wilayah ini sedari dulu sudah mendapat julukan sebagai Kota Pancasila karena Ende merupakan tempat Soekarno merenungkan pemikirian dasar negara, yang kini disebut Pancasila.

Dilansir dari petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id, awalnya Ende adalah tempat pengasingan Soekarno sejak 14 Januari 1934 hingga 18 Oktober 1938. Soekarno diasingkan oleh Pemerintah Belanda atas dasar kegigihan Soekarno untuk memperjuangkan kemerdekaan daerah yang dijajah Belanda.

Pada masa pengasingan itulah Soekarno memikirkan gagasan untuk bangsa Indonesia. Lahirnya gagasan Pancasila juga turut dipengaruhi oleh kondisi Ende yang memiliki heterogenitas etnis dan kepercayaan.

Soekarno mengaku bahwa gagasan Pancasila muncul saat ia merenung di bawah pohon Sukun yang berada di pinggir laut. Di bawah pohon Sukunlah gagasan Soekarno tentang dasar negara menjadi jelas dan tetap hingga akhirnya digunakan sebagai falsafah bangsa Indonesia pada tahun 1945.

Editor : Abdul Kadir

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut