get app
inews
Aa Read Next : Diduga Korsleting Listrik, Satu Rumah Warga di Pemalang Ludes Kebakaran

Mudah! Cara Membuat Es Krim di Rumah Tanpa Mixer dan Cukup dengan Tiga Bahan Dasar

Minggu, 05 Juni 2022 | 10:00 WIB
header img
ilustrasi escream / Source: iNews.id

PEMALANG, iNews.id - Yuk, intip cara mudah membuat es krim di rumah tanpa mixer dan cukup dengan tiga bahan dasar.

Sejuk dan lembutnya rasa es krim terasa sangat menyegarkan di tenggorokan, apalagi disantap saat matahari bersinar terik di musim kemarau.

Banyak orang menyukai panganan lezat yang satu ini karena memiliki aneka rasa yang menyesuaikan selera, seperti coklat, vanila, stroberi, dan varian rasa buah-buahan lainnya.

Dari ragam cita rasa es krim, coklat umumnya menjadi favorit banyak orang. Sebab, paduan rasa manis dan pahit cokelat sangat pas ketika bertemu dengan tekstur lembut susu dan segarnya es.

Meski es krim coklat terasa sangat nikmat di musim panas, bukan berarti kamu bisa beli sepuasnya apalagi kalau harus sering keluar rumah.

Sebab pada masa pandemi Covid-19 ini kamu dihimbau untuk mengurangi aktivitas bepergian, kecuali bila ada keperluan mendesak.

Lagi pula terlalu sering mengkonsumsi es krim juga bisa mengganggu kesehatan tenggorokan dan meningkatkan kadar gula darah.

Selain itu, ancaman kesehatan juga semakin tinggi kalau kamu beli es krim sembarangan yang ternyata dibuat dari bahan-bahan tidak sehat dan higienis, seperti pemanis buatan dan air mentah atau kotor.

Nah, daripada membelinya, kamu bisa berkreasi sendiri membuat es krim menggunakan bahan-bahan yang terjamin kualitasnya. Bukan cuma lebih enak dan higienis, cara ini juga bisa bantu kamu menghemat pengeluaran.

Tidak sulit kok, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa mixer dengan tiga bahan saja.

Daripada penasaran, yuk simak resep es krim coklat rumahan ini:

Bahan :

1 kaleng krimer atau kental manis.

2/3 gelas sirup coklat.

Jika kesulitan mencari sirup coklat, kamu juga bisa menggantinya dengan coklat bubuk. Jangan lupa, pastikan coklat bubuk larut dan tercampur sempurna dengan krimer atau kental manis.

2 gelas krim kental atau heavy cream yang biasa digunakan untuk hiasan bagian atas kue ulang tahun dan pernikahan. Apabila kamu tidak menemukan  heavy cream di toko terdekat, kamu bisa kok membuatnya sendiri dari susu cair dan mentega. Caranya, campurkan 3/4 gelas susu dan 1/3 gelas mentega leleh, lalu aduk rata.

 

Cara membuat:

1. Siapkan loyang berukuran 9x5 inci atau sekitar 23x13 sentimeter. Kemudian, lapisi loyang dengan alumunium foil atau plastic wrap. Sisihkan.

2. Sediakan baskom atau wadah besar, lalu masukkan krimer atau kental manis dan sirup coklat. Aduk sampai rata hingga tak ada gumpalan.

3. Siapkan baskom lain, kemudian kocok heavy cream menggunakan hand whisk hingga teksturnya kaku. Setelah itu, campurkan dengan adonan coklat.

4. Ratakan campuran adonan tersebut secara perlahan agar tekstur krim yang telah dikocok tidak rusak.

5. Selanjutnya, masukkan ke dalam loyang atau cetakan es krim. Sudah itu, simpan dalam freezer selama lebih kurang 6 jam atau sampai beku sempurna.

6. Apabila sudah beku, es krim pun siap disajikan dalam mangkuk atau gelas. Jangan lupa ya beri taburan atau topping favorit kamu agar lebih nikmat.

 

 

Es krim tidak mengeras

Jika es krim tidak bisa mengeras, meski sudah sangat lama dimasukkan ke freezer. Ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat beku es krim.

Pertama, takaran dan bahan yang digunakan, seperti krimer kental manis, susu evaporasi, atau susu bubuk. Jika bahan-bahan ini digunakan secara berlebihan, tekstur es krim menjadi terlalu lembek dan susah mengeras di dalam freezer.

Kedua, perhatikan takaran gula bila menggunakannya dalam membuat es krim. Jika terlalu banyak, kandungan laktosa pada gula juga dapat membuat es krim susah beku. Namun bila takarannya terlalu sedikit, tekstur es krim justru terlalu keras.

Untuk menggantikan gula, kamu bisa menggunakan madu. Madu mengandung molekul yang lebih kecil dan dua kali lebih efektif menurunkan titik beku, sehingga tekstur es krim tidak terlalu lembek atau terlalu keras.

Selain madu, kamu juga bisa menambahkan buah beku yang bisa bantu melembutkan tekstur es krim, tanpa membuatnya menjadi lembek.

 

Nah, mudah sekali bukan cara membuat es krim coklat yang enak. Selain cokelat, kamu pun bisa berkreasi dan bereksperimen dengan bahan-bahan lain yang kamu suka.

Siapa tahu, resep ini bisa menjadi peluang usaha kamu yang baru di era new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Ingat, sebaiknya jangan kebanyakan makan es krim meski rasanya sangat menyegarkan. Tetap imbangi dengan asupan makanan bernutrisi dan olahraga fisik agar daya tahan tubuh kamu terjaga serta terhindar dari virus penyakit.

Editor : Anila Dwi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut