get app
inews
Aa Read Next : Potret Ojek Perahu di Kali Elon Pemalang

Perkuat Sektor Pertanian dan Ketahanan Pangan, Bupati Minta Pemkab dan LP4 ADAK Terus Bersinergi

Selasa, 07 Juni 2022 | 06:55 WIB
header img
Bupati saat menghadiri kegiatan halal bil halal dan pertemuan Pengurus Lembaga Pemberdayaan Peningkatan Produksi Pertanian Antar Desa Antar Kecamatan (LP4 ADAK) Kabupaten Pemalang di Balai Desa Jrakah Kecamatan Taman Sabtu (4/6/2022).

PEMALANG. iNews.id - Untuk meningkatkan produktifitas pertanian di Kabupaten Pemalang dan mewujudkan ketahanan pangan serta peningkatan kesejahteraan petani, maka diperlukan langkah-langkah strategis yang bisa disengkuyung secara bersama-sama.

Ungkapan tersebut disampaikan Bupati saat menghadiri kegiatan halal bil halal dan pertemuan Pengurus Lembaga Pemberdayaan Peningkatan Produksi Pertanian Antar Desa Antar Kecamatan (LP4 ADAK) Kabupaten Pemalang di Balai Desa Jrakah Kecamatan Taman Sabtu (4/6/2022).

Bupati mengharapkan acara tersebut dapat dijadikan sebagai momentum strategis dalam mempererat tali silaturahim sekaligus memperkuat sinergitas antara Pemerintah Daerah dan LP4 ADAK dalam upaya mendorong peningkatan produktifitas pertanian di Kabupaten Pemalang.

Sebelumnya Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran LP4 ADAK beserta anggotanya yang telah berinisiatif melaksanakan pertemuan rutin. Bupati kembali berharap, pertemuan seperti itu dapat konsisten dilaksanakan sebagai sarana untuk membahas isu-isu aktual bidang pertanian dan problem solving permasalahan bidang pertanian, implementasi program-program strategis dan peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Pemalang.

"Sesuai dengan RPJMD Kabupaten Pemalang Tahun 2021-2026, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan dalam meningkatkan produksi pertanian. Beberapa diantaranya dengan produktifitas pertanian holtikultura, Peningkatkan tanaman pangan, perkebunan, sarana dan prasarana pertanian, kapasitas dan kelembagaan petani dan penyuluh serta penguatan penanganan bencana pertanian," ungkap Bupati. 

Berkaitan dengan hal itu Pemerintah Daerah tidak dapat bekerja sendiri, perlu keterlibatan dan kerja sama dari segenap komponen masyarakat dalam mendukung keberhasilan langkah-langkah tersebut, utamanya dukungan dan partisipasi aktif dari lembaga-lembaga pertanian seperti LP4 ADAK Kabupaten Pemalang.

”Inisiatif, inovasi dan peran serta mereka harapannya dapat berdampak positif terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas produktifitas pertanian di Kabupaten Pemalang," tambah Bupati.

Sementara itu Ketua LP4 ADAK Sodikin minta perhatian kepada pemerintah daerah agar di Desa Kendalsari atau Pener dapat dibangun embung untuk mengendalikan pengairan di daerah sekitarnya.

Apabila embung seperti yang diusulkannya dapat dibangun maka selain bisa untuk mengatasi banjir, pengairan di lahan-lahan juga akan semakin bagus. Sodikin berharap, aspirasinya dapat terealisasi. 

Editor : Sandi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut