get app
inews
Aa Read Next : Pilih Lanjut Kuliah dengan Bea Siswa, Perangkat Desa di Randudongkal Mengundurkan Diri

Harga Tiket Candi Borobudur Melejit, Begini Kata Pakar Pariwisata UNS

Selasa, 07 Juni 2022 | 10:50 WIB
header img
Foto Candi Borobudur

PEMALANG, iNews.id - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Republik Indonesia (RI), Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan wacana kenaikan harga tiket masuk bagi yang ingin naik ke Candi Borobudur menjadi Rp 750 ribu untuk wisatawan nusantara (wisnus) dan 100 dolar Amerika Serikat atau setara Rp 1,4 juta untuk wisatawan mancanegara (wisman).

Sedangkan untuk harga tiket masuk ke kawasan Candi Borobudur akan tetap sama, Rp 50 ribu untuk wisnus, dan 25 dolar Amerika Serikat untuk wisman.

Merespon hal tersebut, pengamat pariwisata sekaligus Kepala Program Studi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta,  Deria Adi Wijaya,  mengatakan, kenaikan harga tiket ini karena Pemerintah ingin melakukan pembatasan jumlah kunjungan.

"Dalam konsep pariwisata kenaikan harga memang harus dilakukan. Karena dalam berwisata dikenal dengan adanya konsep daya dukung lingkungan dari suatu objek wisata," kata Deria saat ditemui iNews, Selasa (7/6/2022).

Menurut dia, bisa dibayangkan ketika puluhan ribu, bahkan ratusan ribu pengunjung naik ke Candi Borobudur tanpa adanya pembatasan jumlah pengunjung. Daya dukung lingkungannya pasti akan rusak.

"Baik itu batu-batunya yang mengalami korosi, juga aksi vandalisme dari pengunjung yang kurang bertanggung jawab” ujarnya.

Lebih dari itu, Deri menilai, pengunjung perlu diedukasi bahwa prespektif pariwisata sekarang sudah bergeser, yang tadinya menggunakan wisata massal, tetapi sekarang wisata minat khusus.

Selain itu, sambung Deri, di luar negeri pun pengembangan wisata memang sudah mengarah kepada wisata minat khusus. "Sehingga, kini tak lagi menekankan pada kuantitas jumlah kunjungan, tetapi lebih kepada kualitas kunjungan itu sendiri," katanya

Deri mengatakan, hal itu karena, dengan semakin eksklusif jumlah kunjungan, otomatis kualitas yang didapat dari wisatawan juga betambah.

"Baik kualitas dari segi edukasi serta kualitas pengalaman berwisata menjadi jauh lebih baik," kata Deri.

 

Menyoal Kenaikan Harga Tiket

Masih terkait ihwal kenaikan harga tiket, Deria menilai, hal itu sangat wajar.

"Cuma mungkin itu kaitannya dengan nominalnya berapa. Tetapi jangan dipatok terlalu tinggi," imbuhnya.

Oleh karenanya, Deri menyarankan, baiknya lebih ditekankan pada pembangunan sistem. Juga bagaimana alur untuk kunjungan ke Candi Borobudur supaya meningkatkan kualitas wisata pengunjung.

Dengan demikian, lanjut Deri, setelah mengunjungi Candi Borobudur, wawasan bisa bertambah, pengetahuan tentang objek wisata bertambah, dan kualitas dari pengalaman berwisata juga menjadi lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, ia juga menghimbau jangan sampai wisatawan merasa antipati untuk berkunjung ke Candi Borobudur karena melihat harga yang terlalu mahal. Hingga membuat mereka berpikir berulang kali untuk berkunjung ke Candi Borobudur sampai ke atas.

“Saya setuju untuk pembatasan orang yang ingin naik ke Candi Borobudur dikarenakan faktor konservasi serta daya dukung lingkungan dari suatu objek wisata. Jadi, tak bisa sembarangan orang bisa naik ke candi. Mungkin yang memiliki akses naik hanya dibatasi untuk kegiatan penelitian atau riset tertentu. Kemudian juga kalau memang ada keperluan khusus keagamaan, dan sebagainya,” ujar Deria.

Editor : Anila Dwi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut