get app
inews
Aa Read Next : Persiapan Malam 1 Sura, 5 Kebo Bule Kraton Kasunanan Dikarantina

Jelang Iduladha, Penjualan Kambing diprediksi Mengalami Kenaikan

Senin, 13 Juni 2022 | 15:00 WIB
header img
Kambing yang dijual di Pasar Semanggi menjelang Idul Adha/ Dokumen Pribadi: Arimbihp.

PemalangiNews.id - Penjualan kambing yang sempat terhenti akibat pandemi Covid-19 menjelang Iduladha diprediksi mengalami kenaikan. Hal itu disampaikan satu pedagang Mustafa (37) saat ditemui iNews di Pasar Kambing Semanggi, Senin (13/6/2022).

"3 hari ini sudah menjual kurang lebih 17 ekor dengan harga sekitar Rp 1.700.000 hingga 2.000.000," kata Mustafa. Adapun jenis kambing yang di jual Mustafa setiap harinya ada 3 yakni Jawa Randu ada Koploh atau Semi Koploh.  Tak hanya dari Solo, pelanggan kambing Mustafa ada juga yang datang dari luar kota.

Pria yang sehari-hari tinggal di Semanggi itu mengaku, kambing yang ia jual didatangkan langsung dari pasar Ponorogo. Sementara terkait beredarnya wabah Penyakit mulut dan kuku (PMK) yang bisa menular melalui hewan ternak, Mustafa mengatakan, tidak berpengaruh ke penjualan kambing miliknya.
Pasalnya, ia yakin penyakit PMK tidak menular pada kambing-kambing yang dijual di Pasar Semanggi.

"Alhamdullilah untuk kesehatan dari Solo tiap hari atau 3 hari sekali ada yang kesini (untuk cek kesehatan), yangpenting jika kambing sakit tidak di jual gitu aja," tuturnya. Selain itu, Mustafa menuturkan, mewabahnya PMK yang membuat sebagian pasar sapi ditutup, tidak membuat penjualan kambing miliknya terdampak, baik untuk jumlah pasokan maupun harganya.

Bahkan, menurut dia, harga jual kambing menjelang Iduladha bisa naik menjadi Rp 2.000.000 hingga Rp 3.700.000 pada H-3 sampai H-7 mendatang.
Ketika ditanya terkait sistem penjualan, Mustafa menceritakan, ia juga menggunakan cara online dan memanfaatkan media sosial facebook.

"Biasanya untuk pribadi, di share saja," katanya.

Pemilik Kios Barokah itu menuturkan, ada pembeli yang datang dan langsung membawa pulang, ada juga yang dititipkan dulu selama 15 hari.

"Jadi beli H-15, nanti kami rawat dulu di sini, biar bobotnya tidak susut waktu disembelih, kata Mustafa.

Editor : Anila Dwi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut