Kaki Palsu Bantuan Pemkab Tegal Tahun 2021 Mudah Rusak, Pakai APBD atau Sumbangan Yayasan ?

Lazarus Sandya Wella
Proses pengukuran kaki palsu di Rumah Singgah Trengginas bulan November 2021 / Foto : Dinsos Kabupaten Tegal

Faticha menyebut bahwa bantuan kepada 19 orang penyandang disabilitas diberikan secara gratis yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan menunjuk Yayasan SF Bandung yang berkantor di jalan Hos Tjokro Aminoto Pasir Kaliki No. 143 Bandung, Jawa Barat sebagai penyedia jasanya.

Berdasarkan keterangan ini, tim iNews.id melakukan penelusuran terkait Yayasan SF Bandung tersebut. Dalam situs resminya disebutkan bahwa Yayasan Sinergi Foundation (SF) ini adalah lembaga filantropi yang mengelola dana wakaf, zakat, infak-sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program inovasi sosial pemberdayaan. 

Bisa dikatakan bahwa Yayasan SF yang beralamat di Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki), No. 143 Bandung ini merupakan lembaga sosial non komersil bukan produsen kaki palsu atau sejenisnya. 

Yayasan SF juga pernah memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas berupa kaki palsu secara gratis di Kabupaten Brebes pada 16 Maret 2021 lalu. 

Lewat sambungan telepon, salah satu staf Yayasan SF juga menjelaskan hal senada. Yayasan SF merupakan yayasan yang mengelola dana zakat, infak, sedekah serta dana sosial. Yayasan SF dikatakan juga seringkali memberikan sumbangan secara gratis kaki palsu dan alat bantu lainnya ke berbagai daerah.

"Jika ada yang membutuhkan, bisa langsung menghubungi tim kami. Tidak dipungut biaya," jelas staf tersebut.

Diminta tanggapannya terkait hal ini, Kabid Rehabilitasi Sosial yang baru, Makmur, mengatakan akan segera memastikan siapa penyedia jasa pembuatan kaki palsu tahun 2021 tersebut. 

"Untuk lebih jelas, nanti saya buka dokumen kontraknya dan company profilenya," kata Makmur lewat pesan suara yang disampaikan ke redaksi iNews.id, Sabtu pagi (22/10/202).

Editor : Lazarus Sandya Wella

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network