Gempa Bumi di Batang, BNPB Sebut Sebanyak 49 Rumah Rusak dan Belasan Warga Luka-luka

Binti Mufarida, Aryanto
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,4 yang mengguncang Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Minggu (7/7/2024), mengakibatkan puluhan rumah rusak dan belasan warga terluka. (Foto: Dok BNPB)

BATANG, iNewsPemalang.id - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,4 yang mengguncang Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Minggu (7/7/2024), mengakibatkan puluhan rumah rusak dan belasan warga terluka.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Senin (8/7/2024), menyebutkan berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui tim kaji cepat di lapangan hingga Senin (8/7/2024), mencatat ada 49 rumah rusak dan 12 orang luka-luka.

"Dari data yang dihimpun per Senin ini, ada 49 unit rumah rusak termasuk 11 fasilitas umum di wilayah Kabupaten Batang,” jelasnya.

Abdul Muhari mengatakan, puluhan rumah rusak itu kondisinya beragam. Di antaranya 5 rumah rusak berat, 12 rumah rusak sedang, dan 32 rumah rusak ringan. Sedangkan fasilitas umum, tercatat satu masjid rusak, 3 sekolah, 1 pasar, dan bangunan lain 1 unit.

Dia menambahkan, kerusakan bangunan juga dilaporkan dari wilayah Kelurahan Gamer Kota Pekalongan. Di kelurahan itu, dua rumah rusak terdampak gempa yang berpusat di 6.87 LS dan 109.75 BT.

Gempa bumi dangkal dengan kedalaman 6 kilometer itu, menurut BNPB, juga menyebabkan 12 warga di Kabupaten Batang luka-luka tertimpa reruntuhan bangunan. 

"Adapun 11 warga telah mendapatkan perawatan intensif dan saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing, sedangkan seorang warga lainnya masih dalam observasi kesehatan," ujarnya.

Dinas Sosial Kabupaten Batang telah mendirikan dapur umum di Balai Desa Warungasem, guna memenuhi kebutuhan konsumsi warga terdampak.

Editor : Aryanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network