Potret Kemeriahan Sedekah Bumi Desa Surajaya Pemalang, Warga Iring-Iringan Hasil Bumi

Santiaji Pangestu

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Ribuan warga Desa Surayaya, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang memadati kawasan obyek wisata Wippas mengikuti acara sedekah bumi atau ruwatan, Senin (15/7/2024).

Acara ruwat bumi yang digelar di area komplek makam Pangeran Purbaya itu selain diisi dengan doa bersama dan arak-arakan hasil bumi, juga dimeriahkan dengan pagelaran wayang golek.

Kepala Desa Surajaya, Wasno mengatakan, sedekah bumi tersebut adalah kegiatan rutin yang diadakan di bulan Syuro. Hal itu sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki dan meminta keselamatan.

"Ini bentuk syukur atas rezeki yang melimpah baik dari bermacam usaha dan hasil bumi masyarakat desa Surajaya," kata Wasno.

"Tentu dengan demikian kami adakan doa bersama, juga untuk mendoakan leluhur dan ahli kubur yang sudah meninggal," imbuhnya.

Tradisi sedekah bumi atau ruwatan sudah tak asing lagi bagi masyarakat Jawa. Hal itu sudah menjadi budaya kearifan lokal yang sudah bertahun-tahun dilakukan. Selain melestarikan budaya, juga sebagai perangsang wisata daerah.

Editor : Aryanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network