Nguri-Uri Budaya Jawa, Komunitas Wesi Aji Pemalang Pajang Ratusan Keris di Pendopo Kabupaten

Santiaji Pangestu
Nguri-Uri Budaya Jawa Komunitas Korowelang memajang ratusan pusaka Keris di Pendopo Kabupaten Pemalang. (Istimewa)

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Komunitas Wesi Aji Pemalang (Korowelang) memajang ratusan Keris di Pendopo Kabupaten Pemalang, dalam acara Pengukuhan Pengurus Baru Korowelang, Rabu (31/7/2024).

Acara yang dihadiri ratusan anggota Korowelang berbusana khas Jawa itu nampak meriah dengan masing-masing membawa koleksi mereka berupa pusaka Keris atau sejenisnya.

Tak ubahnya seperti pameran, mereka memajang Keris yang dibawanya di meja masing-masing di aula Pendopo Kabupaten Pemalang.


Bermacam jenis Keris dipertunjukan oleh komunitas pecinta Wesi Aji dalam acara pengukuhan Pengurus Korowelang. (Istimewa)

Pengurus Korowelang, Sugeng Salamsih mengatakan, Komunitas Wesi Aji Pemalang merupakan wadah bagi para pecinta pusaka Keris atau sejenisnya, untuk melestarikan budaya leluhur, khususnya Budaya.

Menurut Sugeng, dalam pusaka Keris sendiri memiliki nilai-nilai ajaran yang luhur, dari mulai bentuk warangka, deder (gagang), jenis Keris dan pamor Keris, semuanya mengandung arti atau makna.

"Banyak nilai yang terkandung di dalam seni pusaka Keris, semuanya mempunyai arti atau makna, seperti jenis Keris, luk Keris, juga bermacam Pamor yang ada di bilah Keris, masing-masing ada nilai filosofinya," kata Sugeng.

Editor : Aryanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network