get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Nusantara 2022, DPD KNTI Pemalang Tanam 1000 Bibit Mangrove di Pantai Pejarakan

Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN Duduk di Kursi Kabinet Lagi, Simak Profil Lengkapnya

Rabu, 15 Juni 2022 | 17:01 WIB
header img
Zulkifi Hasan ditunjuk jadi menteri perdagangan // Sumber Foto: Tangkapan Layar Akun YouTube Sekretariat Presiden

PEMALANG, iNews.id - Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN mendapatkan amanah kembali menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) di sisa jabatan Kabinet Maju Jokowi yang akan selesai pada 2024, dia menggantikan posisi Muhammad Lutfi.

Alasan penunjukkan Zulkifli Hasan sebagai menteri karena ia telah berkecimpung di dunia politik sudah lama, dan sudah profesional di bidang politik.

Pria kelahiran Lampung Selatan, 31 Agustus 1962 mengawali karier politiknya menjadi Ketua Lembaga Buruh Tani dan Nelayan Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI (2000 - 2005).

Selama periode yang sama dia juga tercatat menjabat sebagai Ketua Departemen Logistik DPP PAN.

Zulkifli Hasan itu menjadi anggota DPR RI dari PAN periode 2004—2009, kemudian menjabat sebagai Sekjen DPP PAN periode 2005—2010 dan terpilih sebagai Ketua Umum PAN sejak 1 Maret 2015.

Tentunya, penunjukkan Zulkifli Hasan menjadi kabinet di presiden bukan hal pertama baginya. Ia pernah menjabat di kabinet Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Kehutanan periode 2004 - 2019 di bawah kabinet Indonesia Bersatu II.

Pada tahun kedua jabatannya, dia membawakan Kementerian Kehutanan menjadi institusi pemerintahan yang lebih produktif serta aktif dengan mencetuskan dua program kerja yang menyasar pada pertumbuhan pertanian dan pengembangan pendidikan lingkungan.

Selanjutnya, pada tahun ketiganya menjabat sebagai Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan membuat suatu program yang cukup populer sampai hari ini, yaitu Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon, lalu pada tahun keempat menjabat dia aktif menyosialisasikan pengelolaan daerah aliran sungai.

Pada akhir tahun jabatannya sebagai Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan membuat terobosan dengan merangkul perusahaan BUMN PT Garuda Indonesia dengan program OTOT (One Ticket One Tree), setiap satu tiket penerbangan terjual, akan ditanam satu pohon.

Setelah selesai menjabat Menhut, karier Zulkifli Hasan tidak berhenti sampai disitu dia dipilih menjadi Ketua MPR periode 2014-2019 dan melantik Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024. 

Kini karier Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan yang baru akan diuji karena  meningkatnya harga bahan pokok karena krisis keuangan global. Masyarakat tentu menantikan kebijakan-kebijakan yang baru dan pro rakyat dari Zulkifli Hasan di sektor-sektor perdagangan.

Editor : Anila Dwi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut